Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis komponen dasar dalam Elektronika

Macam-macam komponen elektronika sangat banyak. Dalam dunia elektronika kamu harus mengenal apa saja komponen elektronika. dimulai dari jenis, fungsi dan simbolnya. Oleh karna itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal apa saja komponen yang terdapat di dalam elektronika.

elektronika
Komponen Elektronika

Resistor

Resistor Merupakan salah satu komponen elektronika. Resistor atau yang bisa disebut juga hambatan merupakan jenis komponen elektronika pasif. Fungsi dari resistor sendiri sebagai penahan arus listrik dalam suatu rangkaian elektronika. Besaran resistor disebuh sebagai Ohm (Ω).  Resistor sendiri sangat unik, karna untuk mencari nilai dari suatu resistor kita menggunakan sebuah gelang warna.

Komponen Dasar Elektronika
Resistor

Kapasitor

Kapasitor adalah perangkat yang untuk sementara dapat menyimpan muatan listrik. Kapasitor terdiri dari beberapa varietas yang berbeda, dua yang paling umum adalah cakram keramik dan elektrolit. Jumlah kapasitansi yang diberikan kapasitor diukur dalam mikrofarad, disingkat μF. Fungsi dari Kapasitor sendiri bisa digunakan sebagai Filter arus dalam rangkaian power supply dan bisa digunakan sebagai perata arus pada rectifier.

Gambar Kapasitor
Kapasitor

Dioda

Dioda adalah perangkat yang memungkinkan aliran arus hanya dalam satu arah. Dioda memiliki dua terminal, yang disebut anoda dan katoda. Arus akan mengalir melalui dioda hanya ketika tegangan positif diterapkan ke tegangan negatif ke katoda. Jika tegangan ini dibalik, arus tidak akan mengalir.

Gambar dioda
Dioda

LED

Dioda pemancar cahaya (atau LED) adalah jenis dioda khusus yang memancarkan cahaya ketika arus melewatinya. Sekarang banyak teknologi ramah lingkungan menggunakan led sebagai penerangan. selain awet led juga sangat hemat dalam segi penggunaan listrik.

Gambar LED
Light Emiting Diode

Transistor

Transistor merupakan Salah satu Perangkat elektronika aktif. Transistor adalah perangkat tiga terminal di mana tegangan diterapkan ke salah satu terminal (disebut basis) dapat mengontrol arus yang mengalir melintasi dua terminal lainnya (disebut kolektor dan emitor). Transistor adalah salah satu perangkat paling penting dalam elektronik. Transistor sendiri terdiri dari 2 struktur yaitu PNP dan NPN.


gambar transistor
Transistor

IC ( Intergrated Circuit )

IC adalah komponen khusus yang berisi seluruh rangkaian elektronik, lengkap dengan transistor, dioda, dan elemen lainnya, semuanya secara fotografi terukir pada sepotong kecil silikon. Sirkuit terpadu adalah blok bangunan perangkat elektronik modern seperti komputer dan ponsel. didalam ic sebenarnya sudah ada rangkai-rangkaian elektronika didalamnya. IC sendiri bisa juga disebut sebuah otak dalam sebuah sirkuit dikarnakan ic dapat melakukan switching, penguatan, dan pengontrolan dalam sebuah rangkaian elektronika.

gambar ic
IC ( Intergrated Circuit )

Inductor

Inductor merupakan salah satu komponen pasif dalam elektronika. Inductor sendiri lebih banyak terdapat pada rangkaian pemancar atau receiver. fungsi dari inductor sendiri merupakan sebagai pengatur frekuensi dalam rangkaian, selain itu inductor juga bisa berfungsi sebagai filter dan penyambung. Untuk satuan besaran sebuah inductor di tulis (H) atau henry.

gambar inductor
Inductor
Sekian artikel dari saya tentang jenis-jenis komponen dasar dalam Elektronika. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan kirimkan ke kolom komentar dibawah ini.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Jenis-jenis komponen dasar dalam Elektronika"