Cara install flutter tanpa android studio


Penting: artikel ini sudah di update pada link berikut ini : tutorial baru



 Flutter adalah sebuah framework aplikasi mobil sumber terbuka yang diciptakan oleh Google. Flutter digunakan dalam pengembangan aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS.



Untuk instalasi flutter memang kebanyakan menggunakan android studio. Akan tetapi jika laptop atau pc yang kita miliki memiliki sepesifikasi yang rendah mungkin akan membuat kita gigit jari.

Tapi tenang, saya akan membagikan pengalaman saya ketika menginstal flutter tanpa android studio dikarnakan spesifikasi yang saya miliki memang rendah.

Untuk persiapan, silahkan teman-teman download file yang akan kita butuhkan untuk melakukan instalasi flutter antara lain :

1. Download SDK Flutter
Silahkan kunjungi halaman download disini, dan sesuaikan dengan sistem operasi teman teman

2. Download Command Line Tools Only
Silahkan download di halaman ini, penampakan nya seperti berikut, silahkan download sesuai sistem operasi yang digunakan.


3. Download OpenJDK
Silahkan download di halaman ini, dan pilih yang berekstensi zip. sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan, saya menggunakan versi jdk8u212-b03 . 

Setelah bahan telah disiapkan. Silahkan buat folder Android pada direktori C:

setelah di download jangan lupa untuk mengekstrak ke 3 file tersebut dalam folder Android yang sudah kita punya.
Untuk open jdk rename nama folder dari jdk8u212-b03 menjadi openjdk. totalnya sekarang kita punya 3 folder yaitu fluttertools dan openjdk.

Oke. Langkah selanjutnya kita akan melakukan set Environment Variable dan Path, untuk windows silahkan buka command prompt dan ketikan perintah berikut satu persatu

setx JAVA_HOME “C:\Android\openjdk”


setx ANDROID_HOME “C:\Android”


setx ANDROID_SDK_ROOT “C:\Android\tools”


setx path “%path%;”C:\Android\sdk;C:\Android\tools\bin;C:\Android\flutter\bin”

Jika terjadi eror pada instalasi terakhir... silahkan ketik perintah setx path lalu tulis perintah diatas.. Karna disini saya memakai windows, untuk perangkat lain silahkan menyesuaikan dengan perangkatnya masing-masing

Setelah selesai silahkan tutup cmd kamu dan masuk ke C:/Android/tools/bin kemudian buka lagi cmd pada folder tersebut dan masukan perintah berikut untuk masuk ke direktori android bin pada terminal command prompt kamu

cd  C:/Android/tools/bin

Setelah masuk ke direktori, silahkan ketik perintah berikut satu persatu

sdkmanager “system-images;android-28;default;x86_64”

sdkmanager “platform-tools”

sdkmanager “build-tools;28.0.3”

sdkmanager “platforms;android-28”

untuk SDK sendiri, Flutter selalu memerlukan Android SDK yang terbaru. jadi silahkan update sdk dengan command :
sdkmanager —-update

Jangan lupa untuk menjalankan syntax accept licenses nya

flutter doctor --android-licenses

Jika semuanya sudah selesai silahkan buka terminal (Command Prompt) di Android/flutter atau untuk pengguna windows bisa double klik di C:\Android\Flutter\flutter_console.bat dan jalankan perintah flutter doctor, maka hasilnya seperti gambar berikut.


Selanjutnya install Visual Studio Code dan ekstension flutter serta dart nya.

Step terakhir adalah buat project di VsCode dengan tekan F1 dan mengetikan Flutter: New Project setelah masukan nama project dan tunggu project selesai di load, klik F5 untuk mendeploy ke android device teman-teman.