Cara menghitung nilai Resistor berdasarkan kode warna

 Pada sebuah resistor terdapat sebuah gelang warna yang berfungsi sebagai penunjuk besaran nilai hambatan resistor tersebut. wajib hukumnya mengetahui besaran tiap warna pada gelang resistor bagi anak yang menempuh jalur pendidikan elektronika. pasalnya, warna tersebutlah yang menjadi patokan berapa nilai resistor yang kamu butuhkan.



Resistor sendiri merupakan komponen pasif elektronika. Fungsi dari resistor sendiri sebagai hambatan sebuah arus ataupun daya dan memiliki satuan Ohm. pada tutorial kali ini saya akan membagikan cara membaca kode warna dari resistor.

Cara menghitung gelang warna resistor

Resistor memiliki berbeda-beda jumlah warnanya. Umumya resistor memiliki 4 Buah gelang warna akan tetapi ada juga yang memiliki 5 Buah gelang warna. Untuk memulai cara menghitung gelang warna resistor, teman-teman harus paham dan hafal terlebih dahulu besaran-besaran dari tiap-tiap warna resistor. Dan berikut cara membaca resistor dari kode warna.

Cara menghitung resistor 4 gelang warna.

Berikut ini adalah cara membaca resistor dengan 4 gelang warna. Pertama silahkan teman-teman perhatikan tabel warna dibawah ini. sebelum menghitung besaran resistor, teman-teman harus dapat memahami dan mengerti nilai dari tiap-tiap kode warna.

Tabel Kode 4 warna

Keterangan:

  • Pita 1 menunjukkan nilai (angka) pertama dari resistansi.
  • Pita 2 menunjukkan nilai (angka) kedua dari nilai resistansi.
  • Pita 3 menunjukkan faktor pengali atau jumlah angka nol (0) yang digabungan dengan pita 1 dan pita 2.
  • Pita 4 menunjukkan nilai toleransi resistor.

Untuk membaca besaran nilai resistor ini, coba teman-teman perhatikan gambar resistor di bawah ini. Kita akan mulai menghitung besaran nilai resistor ini.

Resistor 4 gelang warna

Cara menghitung :

 - PITA 1 memiliki warna COKLAT. Pada tabel warna, coklat pada pita pertama ialah nilai pertama dari resistor yang menunjukan nilai 1.
 - PITA 2 memiliki warna  KUNING. Pada tabel warna, kuning pada pita kedua ialah nilai kedua dari resistor yang menunjukan nilai 4.
 - PITA 3 memiliki warna  MERAH. Pada tabel warna, merah pada pita ketiga ialah faktor pengali yang memiliki nilai 10atau sama dengan 100.
 - PITA 4 memiliki warna  EMAS. Pada tabel warna, emas pada pita keempat merupakan nilai toleransi sebuah resistor yang memiliki nilai 5%.

Jadi nilai dari resistor tersebut ialah 14 x 100 = 1.400 Ohm dan memiliki toleransi sebesar 5%.


Cara menghitung resistor 5 gelang warna

Untuk membaca resistor 5 warna sebenarnya sama saja. hanya saja berbeda dalam penempatan pita warna. berikut ini adalah tabel warna resistor 5 gelang warna.


Keterangan :

  • Pita 1 menunjukkan nilai (angka) pertama dari resistansi.
  • Pita 2 menunjukkan nilai (angka) kedua dari resistansi.
  • Pita 3 menunjukkan nilai (angka) ketiga dari resistansi.
  • Pita 4 menunjukkan faktor pengali atau jumlah angka nol (0) yang digabungan pita 1, 2 dan 3.
  • Pita 5 menunjukkan nilai toleransi.

Setelah kamu memahami tabel warna diatas, mari kita meghitung nilai resistor di bawah ini.

Resistor 5 gelang warna


Cara menghitung :

 - PITA 1 memiliki warna BIRU. Pada tabel warna, biru pada pita pertama ialah nilai pertama dari resistor yang menunjukan nilai 6.
 - PITA 2 memiliki warna  UNGU. Pada tabel warna, ungu pada pita kedua ialah nilai kedua dari resistor yang menunjukan nilai 7.
 - PITA 3 memiliki warna  UNGU. Pada tabel warna, ungu pada pita ketiga ialah nilai ketiga dari resistor yang menunjukan nilai 2.
 - PITA 4 memiliki warna  COKLAT. Pada tabel warna, coklat pada pita keempat ialah faktor pengali yang memiliki nilai 10atau sama dengan 10.
 - PITA 5 memiliki warna  MERAH. Pada tabel warna, merah pada pita kelima merupakan nilai toleransi sebuah resistor yang memiliki nilai 2%.

Jadi nilai dari resistor diatas adalah 672 x 10 = 6720 Ohm dan memiiki toleransi 2%.


Sekian artikel dari saya tentang cara menghitung nilai resistor berdasarkan kode warna. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan kirim di kolom komentar di bawah artikel.