Jenis kabel lisrik beserta gambar

Kabel listrik adalah salah satu unit yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari televisi, lampu, sampai mainan komidi putar di taman bermain memerlukan kabel listrik untuk bisa beroperasi sesuai fungsinya.


Secara harfiah, kabel listrik adalah media untuk menghantarkan arus listrik. Kabel listrik terdiri dari bahan isolator dan konduktor.

Bahan konduktor yang biasanya dipakai adalah tembaga serta aluminium, dan bahan isolator yang sering dipakai biasanya terbuat dari thermoplastic, yakni polimer yang dibentuk dengan proses pemanasan dan pendinginan.

Konduktor adalah bagian dari kabel yang berguna untuk menghantarkan arus listrik. Bahan dasar konduktor yang ada di dalam kabel sangat beragam. Tidak hanya terbatas pada aluminium atau tembaga saja, tetapi juga bisa menggunakan logam seperti emas dan perak.

Hal ini tentunya hanya pada penggunaan tertentu saja, karena emas dan perak sebagai bahan konduktor pada kabel membutuhkan biaya yang sangat besar.

Isolator adalah bagian dari kabel yang berfungsi sebagai pelindung karena tidak bisa menghantarkan arus listrik. Karena itulah, isolator selalu digunakan sebagai pembungkus kabel agar Anda tetap aman saat melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan kabel.

Bahan penyusun bagian isolator pada kabel juga beragam. Akan tetapi, pastinya selalu menggunakan bahan seperti karet, plastik, atau polimer.  

Setiap jenis kabel selalu memiliki informasi  yang tercetak sesuai dengan bahan dasar pembuatannya. Informasi tersebut biasanya mencakup ukuran kabel, tegangan nominal, kode bahan dan jumlah wire dalam kabel.

nformasi ini berguna untuk Anda agar bisa memutuskan mau menggunakan jenis kabel yang mana sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan kabel yang tidak sesuai dengan kapasitasnya dapat menyebabkan hal-hal yang berbahaya seperti korsleting dan kebakaran. Karena itu, penting sekali untuk memperhatikan informasi kabel sebelum memakainya.

Fungsi Kabel Listrik


Fungsi Kabel listrik secara umum tentunya adalah untuk menghantarkan arus listrik. Walaupun secara pengaplikasiannya, kabel listrik bukan sekadar penghantar listrik dalam artian yang sederhana.

Instalasi penangkal petir sampai instalasi arus besar yang digunakan PLN juga menggunakan kabel listrik dengan spesifikasi yang tentunya berbeda dengan kabel sederhana di rumah.


Kabel listrik juga bisa digunakan sebagai penghantar radio frekuensi. Siaran televisi yang Anda nikmati setiap hari adalah salah satu contohnya.

Jenis Kabel listrik

Kabel listrik terbuat dari bahan dasar yang beragam, tergantung dari jenis dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis kabel listrik beserta fungsinya.


1. Kabel NYM


Ini adalah jenis kabel yang paling sering digunakan di rumah dan gedung, dengan inti kabel yang terdiri dari satu sampai empat inti dan dilengkapi dengan lapisan isolasi PVC.

Dengan adanya bahan isolasi yang lebih tebal, kabel ini bisa digunakan di daerah kering atau pun basah dan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik daripada kabel NYA. Namun, kabel ini biasanya tidak bisa diinstalasi dengan cara ditanam dalam tanah.

2. Kabel NYY


Ini adalah jenis kabel yang memiliki inti tembaga berisolasi PVC. Kabel ini dibuat untuk instalasi tetap dengan ditanam di dalam tanah atau kondisi di lingkungan terbuka dengan tambahan perlindungan seperti duct, pipa PVC, atau pipa besi.

Bahan isolator pada kabel ini memiliki konstruksi yang lebih kuat sehingga harganya lebih mahal. Selain itu, bahan isolator pada kabel jenis NYY biasanya dilengkapi dengan antigigitan tikus.

3. Kabel NYA


Kabel jenis NYA adalah kabel dengan inti yang terbuat dari bahan tembaga tunggal dilapisi bahan isolator PVC satu lapis. Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk instalasi di perumahan dan instalasi kabel udara.


Harga kabel NYA relatif murah dibandingkan dengan kabel yang lainnya. Akan tetapi, kabel ini mudah rusak, tergores, tidak tahan air, dan mudah digigit tikus. Sebaiknya, instalasi kabel jenis NYA dilengkapi dengan pelindung seperti pipa PVC.


4. Kabel NYAF


Ini adalah jenis kabel yang memiliki inti tembaga berserabut, dengan inti tunggal berisolasi bahan isolator PVC satu lapis. Ini adalah kabel yang memiliki sifat fleksibilitas yang tinggi karena inti tembaga yang berbentuk serabut.

Sifat ini sangat cocok untuk instalasi pada panel listrik yang membutuhkan banyak lekukan. Akan tetapi, kabel NYAF mudah terkelupas dan sebaiknya tidak digunakan di lingkungan terbuka, baik yang bersifat basah dan lembap maupun kering.

Harga kabel ini relatif murah dibandingkan dengan kabel lainnya.

5. Kabel NYYHY


Ini adalah jenis kabel yang memiliki satu atau lebih inti tembaga berserabut berisolasi bahan PVC dan memiliki selubung luar berupa bahan isolator dari PVC. Ini adalah jenis kabel yang sering digunakan di dalam rumah karena fleksibel sehingga mudah untuk dipasang.

6. Kabel NYMHY


Ini adalah jenis kabel yang memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut dengan bahan isolasi terluar berupa PVC. Kabel ini juga sering dipakai untuk instalasi listrik skala rumah tangga di bawah 900 Watt.

Kabel ini terdiri dari tiga bagian yakni, bagian konduktor, isolator bagian dalam, dan pelindung luar yang juga terbuat dari bahan isolator.


7. Kabel NYMHYO


Ini adalah jenis kabel yang memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut yang diisolasi dengan bahan isolator PVC dan memiliki selubung luar. Kabel ini sering dipakai di peralatan audio, seperti sound system, kabel loudspeaker, dan lain-lain.

Kabel NYMHYO tidak didesain  untuk instalasi listrik arus besar. Karena penggunaannya yang memang hanya diperuntukkan di dalam ruangan, kabel ini tidak memiliki selubung luar yang tahan cuaca.

8. Kabel BC


Kabel BC atau bare core adalah kabel telanjang yang tidak memiliki lapisan isolator. Kabel BC sering digunakan pada instalasi penangkal petir dan dalam instalasi grounding. Namun, penggunaan kabel BC disarankan tetap menggunakan bahan pelindung seperti pipa PVC.

9. Kabel ACSR


Kabel ACSR adalah kabel yang terbuat dari alumunium dengan inti kawat baja. Kabel ini sering dipakai pada instalasi arus listrik skala besar seperti pada Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kabel ini berfungsi sebagai penghantar tegangan listrik berarus besar antarmenara distribusi listrik. Kabel ini tidak memiliki lapisan isolator dengan tujuan agar kabel inti utama dapat segera menurunkan suhunya saat menghantarkan arus yang begitu besar.


10. Kabel NYRGBY/NYFGBF/NYBY

Ini adalah jenis kabel yang memiliki satu inti tembaga atau lebih dengan bahan isolator PVC, memiliki pelindung kawat baja bulat dan lilitan plat baja, serta memiliki bahan isolasi PVC di bagian terluarnya.

Anda mungkin sudah bisa menduga bahwa kabel ini adalah jenis yang paling mahal karena sangat kuat.

Kabel ini dibuat untuk tahan ditanam di dalam tanah tanpa perlu bahan tambahan sebagai pelindung. Akan tetapi, untuk instalasi kabel yang ditanam di bawah jalan raya, tetap memerlukan pipa PVC sebagai pelindung.

11. Kabel AAAC


Sesuai dengan namanya, all alumunium alloy conductor (AAAC), kabel ini terbuat dari logam campuran aluminium, magnesium, dan silikon. Biasanya, kabel ini digunakan untuk instalasi penangkal petir.



Kabel ini memiliki konstruksi yang sangat kuat dan antikarat dan korosi serta memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kabel yang berukuran sama.