Mengatasi USB Installer Windows 10 tidak terbaca di boot priority pada asus

 Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika akan mencoba melakukan install ulang laptop terbaru dari merk asus. kebetulan saya menggunakan flashdisk untuk menginstall windows pada laptop tersebut. akan tetapi ketika saya memulai untuk masuk ke bios, saya mengalami beberapa masalah ketika akan melakukan instalasi pada laptop tersebut.



Usb yang saya gunakan sudah terdeteksi akan tetapi boot priority pada bios tidak membaca usb flashdisk saya. mungkin ada teman-teman yang sama mengalami kendala seperti saya oleh karna itu saya akan berbagi dalam tulisan ini. lalu bagaimana cara mengatasi agar usb installer bisa terbaca ? 

CARA MENGATASI INSTALLER WINDOWS TIDAK TERBACA

Langkah pertama, saya pastikan teman-teman sudah memiliki bootable windows pada flashdisk kemudian silahkan masuk ke bios dengan menekan tombol F2 jika tidak bisa biasanya DELETE.

Setelah masuk ke bios, silahkan tekan F7 untuk masuk ke "Advanced Mode". untuk melakukan konfigurasi security agar bisa membaca flashdisk anda.


Setelah masuk menu "Advanced Mode" silahkan pilih "Security" dan pilih bagian "Scure Boot" dan jika enable silahkan ganti disabled


Langkah selanjutnya adalah menetapkan piranti instalasi sesuai dengan yang telah Anda buat diawal, yaitu USB Installer Windows 10. Silakan cek apakah sudah terjadi perubahan inisialisasi hardware baru


Langkah selanjutnya adalah keluar dari “Advanced Mode (F7)”, dan silakan cek bagian Boot Priority otomatis usb flashdisk kamu sudah terbaca.



Jangan lupa untuk menyimpan konfigurasi tersebut dengan memilih menu “Save & Exit”, dan silahkan melakukan proses instalasi ulang.

sekian artikel ini yang bisa saya sampaikan. jika ada pertanyaan, saran dan kritik dengan artikel ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar dibawah ini. dan berikut video resmi dari asus untuk permasalahan tersebut.

 

PERTANYAAN ?

Bagaimana jika boot priority masih tidak membaca flashdisk saya ?

Untuk masalah tersebut bisa saja terjadi karna jenis bootable anda tidak mendukung UEFI.

Kemudian Bagaimana mengatasi bootable tidak mendukung UEFI ?

Untuk mengatasinya bisa melakukan pembuaatan bootable baru pada flashdisk atau bisa dengan membaca artikel berikut : Cara setting bootable pada asus