Cara install Sublime Text 3 di Linux

 Sublime text 3 ialah sebuah text editor yang sangat populer dikalangam programmer. Text editor ini performanya sangat cepat dan tidak berat dijalankan pada perangkat yang terbilang spesifikasinya rendah. Akan tetapi text editor ini berbayar,  tapi jangan khwatir kamu bisa menggunakan versi trialnya dalam jangka waktu yang tak terbatas.



Untuk menginstal sublime text 3 di linux sangat berbeda dengan install pada versi windows. Pada linux kita bisa menggunakan terminal untuk instalasi sublime text 3, Oleh karna itu, saya akan menjelaskan bagaimana cara instal sublime text 3 pada linux.

Cara Instal Sublime Text3 di Linux

Untuk melakukan instalasi Sublime text kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini menggunakan terminal konsole pada linux. pastikan bahwa kamu telah mengikuti dengan benar agar tidak mengalami masalah saat melakukan instalasi.

1. Instal GPG Key

Pertama yang harus kamu instal adalah GPG Keyring. Hal ini untuk memastikan bahwa paket yang kita unduh telah diautentikasi oleh repo. Silahkan masukan perintah berikut pada terminal kamu

 wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add - 

2. Tambahkan PPA Resmi

Kemudian silahkan masukan repositori sublime text ke dalam source list sofware kita. ada 2 versi ppa saat saya menulis artikel ini. Kamu bisa pilih salah satu PPA di bawah ini.

Versi Stabil :

echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list


Versi Dev ( Tidak Stabil )

echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/dev/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list


3, Update Sistem

Setelah menambahkan PPA resmi dari sublime text3, kita bisa melakukan update sistem dari PPA tadi. Hal ini dilakukan pada PPA veri stable maupun dev. Silahkan ketik perintah dibawah ini pada terminal kamu :

sudo apt update

4. Install Sublime Text3

Setelah melakukan ketiga instalasi diatas, baru kita bisa install sublime tex3 kita pada perangkat kamu. silahkan ketik perintah di bawah  ini untuk melakukan instalasi sublime text3 :

sudo apt install sublime-text

Selesai, Otomatis sublime text3 kita telah terinstal. Untuk membuka text editor sublime, kamu bisa kirim perintah pada terminal :

subl

atau juga bisa kamu membukanya pada menu aplikasi pada linux.



Sekian artikel tentang cara instal sublime text3 di linux. jika teman-teman memiliki pertanyaan tentang artikel ini, silahkan kirim pertanyaan di kolom komentar,