Pengertian Transistor NPN dan PNP

Didalam komponen Transistor, dikenal 2 jenis transistor yaitu NPN dan PNP. Apa pengertian dari kedua jenis transistor ini ? apa pula perbedaanya ? Kali ini kita akan belajar tentang pengertian Transistro NPN dan PNP. Selain itu kita akan mencari tahu apa perbedaan dari kedua transistor ini.


Gambar Transistor

Kepanjangan dari NPN dan PNP sendiri, yaitu NPN adalah negatif positif negatif dan PNP adalah positif negatif positif. berikut ini pengertian tentang transistor NPN dan PNP beserta perbedaan dari kedua jenis transistor ini.

1. Transistor NPN 

adalah transistor yang bekerja mengalirkan arus negatif dan dengan positif sebagai biasnya. Artinya transistor NPN akan mengalirkan arus negatif dari emitor ke kolektor (emitor sebagai input dan kolektor sebagai output)  jika kaki basisnya diberi arus positif.

2. Transistor PNP 

adalah transistor yang akan bekerja ketika mengalirkan arus Positif dari emitor ke kolektor  (emitor sebagai input dan kolektor sebagai output juga) jika kaki basisnya diberi arus negatif.

Perbedaan Transistor PNP dan NPN

  • Transistor PNP kaki kolektor selalu terhubung dengan tegangan negatif sedangkan transistor NPN kaki kolektor selalu terhubung dengan tegangan positif
  • kaki emitor pada transistor PNP akan mengeluarkan arus negatif sedangkan pada transistor NPN mengeluarkan tegangan positif
  • kaki basis pada transistor PNP dikontrol dengan menggunakan tegangan negatif sedangkan pada transistor NPN dikontrol menggunakan tegangan positif

Sekian artikel tentang pengertian Transistor NPN dan PNP. Jika teman-teman memiliki pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan mengirimkan pertanyaan teman-teman pada kolom komentar dibawah artikel ini.