Tempat wisata di Banyuwangi dekat dengan Kota

Lagi liburan di Banyuwangi dan Mencari tempat wisata di Banyuwangi yang dekat dengan kota pemerintahan kabupaten ? tenang, kali ini saya akan membagikan beberapa tempat wisata yang dekat dengan kota Banyuwangi.


Cover Artikel

Para pengunjung di Banyuwangi tidak semuanya memiliki tujuan untuk berlibur. Mungkin ada juga yang memiliki urusan bisnis di Banyuwangi. Dengan keadaan demikian, biasanya para pengunjung yang memiliki urusan bisnis akan lebih memiliki waktu yang sedikit untuk merasakan keindahan kota yang memiliki julukan Sun Rise Of Java ini.

Oleh karna itu, saya akan membagikan beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang dekat dengan Kota. Adapun wisata tersebut terdiri dari wisata pantai, Taman Kota, dan juga Wisata Kuliner. Penasaran dimana tempatnya ?

Tempat wisata di Banyuwangi dekat dengan Kota

Berikut ini saya akan membagikan beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang sangat dekat dengan kota.

1. Pantai Marina Boom

Pantai Marina Boom merupakan pantai yang berada di Kelurahan Kampung Mandar. Tempat ini sangat dekat dengan pusat pusat pemkab Banyuwangi. Jika kamu berangkat dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 5 Menit saja untuk bisa mencapat ke tempat wisata ini.

Gambar azwar anas

Keindahan yang disuguhkan tempat ini tidak akan mengecewakan kamu, di pagi hari kamu bisa melihat matahari terbit dari Pulau Bali dari tempat ini. selain itu, pada tahun 2019 ini, pantai ini telah dikembangkan Pemkab Banyuwangi sebagai tempat wisata sekaligus menjadi dermaga Kapal Pesiar. Terdapat spot-spot foto yang sangat instagramable termasuk landmark baru dari pantai ini yang menambah keindahan pantai ini di pagi hari maupun di malam hari.


Selain itu, Pantai Marina Boom juga menjadi tempat penyelenggaraan pagelaran Festival Sewu Gandrung. Terdapat juga spot seperti sebuah kota lama yang menjadi tempat populer para pejuang halal untuk mengabadikan momen preweding mereka.


2.  Sego Tempong Mbok Wah 

Jika kamu pergi ke Banyuwangi dan ingin merasakan kuliner khas daerah ini warung Sego Tempong Mbok Wah adalah solusinya. Warung ini terletak di Jl. Gembrung No. 220 Glagah, Bakungan, Banyuwangi. Jika kamu berangkat dari pusat Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi, kamu  hanya butuh waktu 10 Menit menuju warung makan ini.

Gambar nasi tempong

Nasi Tempong sendiri adalah makanan khas asli Banyuwangi. Sesuai seperti namanya nasi tempong, tempong merupakan bahasa osing yang artinya ‘tampar’, nasi ini memang memakai sambal segar atau sambal dadak. Konon rasa pedas menggigit sambal ini membuat orang terasa ditampar.

Untuk harga seporsi nasi tempong berkisar dari Rp. 12.000  hingga Rp. 15.000 tergantung dengan lauk pilihan pembeli. Lauknya pun beragam seperti ikan goreng, pepes ikan, telur pindang, nus.

3. Pantai Cacalan

Pantai cacalan merupakan pantai yang berada di daerah Sukowidi, Klatak, Banyuwangi. Jarak pantai ini dari pusat pemerintahan kabupaten banyuwangi hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Gambar sunrise

Pantai cacalan sangat cocok bagi kamu pecinta Sunrise. Pasalnya, dari pantai ini kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana proses terbitnya matahari dari pulau Bali. Selain itu tempat ini juga menyediakan tempat selfie yang sangat Instagramble.

4. Taman Sritanjung.

Taman Sritanjung merupakan Ikon dari Kabupaten Banyuwangi. Taman ini sangat cocok buat kamu yang ingin berkumpul dengan keluarga, kerabat atau teman. Untuk mencapainya  kamu hanya membutuhkan waktu 5 menit dari pusat Kabupaten Banyuwangi.

Gambar sritanjung

Di taman ini selain indah dan rindang, kamu bisa membeli aneka makanan yang di jual oleh pedagang. Selain itu, disisi barat terdapat ikon umat muslim di Bsnyuwangi. yaitu masjid Jami Baiturrahman. Tempat ini juga menyediakan Fasilitas Joging track, Batu pijat Refleksi dan masih banyak fasilitas lainya.

5. Rumah Warna Warni Kalilo

Jika dimalang terkenal dengan kampung wisata rumah warna warni Jodipan, di Banyuwangi juga memiliki wisata yang mirip dengan kampung Jodipan, yaitu kampung Kalilo. Kalilo berada sangat dekat dengan Masjid Baiturrahman Banyuwangi dan Tamn Sritanjung.

Gambar rumah warna warni kailo

Sebelum disulap sebagai kampung wisata, Kampung Kalilo merupakan perkampungan kumuh yang ada di bantaran Sungai Kalilo. Saking kumuhnya kamu akan mudah melihat sampah berserakan di daerah tersebut.
Transformasi kampung kumuh Kalilo menjadi kampung wisata adalah hasil kerjasama Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) dan Pemkab Banyuwangi serta masyarakat sekitar.

6. Kampung Lukis

Kampung Lukis Kaempuan merupakan wahana wisata baru yang ada di Banyuwangi. Tempat ini menyajikan lukisan-lukisan tentang pahlawan, pantai, biota laut, mural, hingga gambar 3 dimensi di tembok-tembok rumah, taman kecil di setiap rumah warga.


Semula, kampung tersebut hingga tahun 2014 mendapatkan predikat kampung dengan lingkungan kumuh.

Tetapi, perubahan yang dilakukan membuat kampung di pusat kota itu terlihat berbeda. Apalagi ada warna-warni dengan berbagai mural, lukisan, dan taman-taman kecil disetiap sudut tembok rumah warga.

Untuk menuju kampung yang berjarak sekitar 1 km dari Kantor Pemkab Banyuwangi, pengunjung dapat menggunakan jalur dari perempatan Taman Sritanjung ke arah Simpang Lima. Tepat di Jalan PB Soedirman atau sekitar 50 meter kiri jalan dari Taman Sritanjung.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjung di Banyuwangi. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini, silahkan kirimkan di kolom komentar yang ada di Bawah artikel.