2 Cara membuka file ENC yang dikirim dari Whatsapp di Android

Ketika saya mengirim sebuah file rar menggunakan whatsapp ada hal yang membuat saya jengkel. file saya berubah jadi extension ENC  Apa sih ENC itu? ENC itu singkatan dari encryption. File dengan format ENC ini merupakan file config dari whatsapp/aplikasi chatt lainnya. File dengan format RAR juga akan berubah menjadi ENC jika dikirim melalui whatsapp.



ada 2 cara untuk membuka file enc ini, penasaran kan bagaimana cara untuk membuka file ENC yang dikirim dari whatsapp untuk ponsel kita ? berikut caranya :


MENGGUNAKAN ZARCHIVER


  1. Anda harus mempunyai aplikasi file manager. Anda bisa mendapatkannya di play store. Pilihannya sangat banyak sekali. Namun disini saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi ZArchiver.
  2. Langsung saja buka aplikasi ZArchiver. Kemudian cari folder whatsapp➡️media➡️whatsapp documents.
  3. Setelah membuka folder whatsapp documents, silakan cari file yang berakhiran .ENC dan klik file tersebut.
  4. Kemudian pilih ekstrak disini. Jika Anda ingin mengekstraknya di folder lain, Anda bisa pilih Ekstrak ke, kemudian pilih folder yang Anda ingin tempatkan untuk mengekstrak file tsb.

Selesai!! Anda sekarang bisa membuka filenya di file manager bawaan hp. Dengan cara pilih file manager/berkas kemudian pilih folder dimana Anda mengekstrak filenya.

MENGGUNAKAN CONVERTER ONLINE

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga membuka file enc dengan menggunakan converter online. Kamu cukup memastikan android kamu tersambung internet.


  1. Pertama, buka browser di Android kamu. 
  2. Kemudian masuk kesitus extract.me/id. Sebenarnya banyak situs converter untuk konversi file enc, tapi menurut saya yang paling bagus adalah situs ini. Makanya saya merekomendasikan situs converter online ini.
  3. Kemudian tab pada Pilih File untuk memilih file .enc yang ingin kamu buka. Lihat contoh pada gambar.pilih file enc
  4. Setelah memilih file, kemudian tunggu beberapa saat untuk menkonversi file .enc tersebut.\
  5. Setelah proses konversi berhasil, maka file .enc tersebut sudah terbuka. Dan kamu bisa mendownloadnya kembali dalam format .zip. Lihat contoh pada gambar.Cara Membuka File ENC di Android dengan Mudah
  6. Selesai.

Itulah beberapa cara untuk membuka file enc yang dikirim dari whatsapp di android. Jika teman-teman memilik kritik, saran maupun pertanyaan mengenai artikel ini silahkan kirim di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.