Cara Mengatasi CorelDraw Tidak Bisa Di Save, Export, Dan Print

Bagaimana Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Di Save, Export, Dan Print Ya namanya juga gratisan pasti tidak ada yang sempurna. Suatu ketika corel draw saya mengalami eror, pada menu aplikasi corel berubah menjadi berwarna abu-abu. kemudian saya tidak bisa melakukan save project yang sudah saya buat. sayapun bingung kenapa ini bisa terjadi.


Okelah lalu saya mencoba mencari solusinya kesana kemari ya gak nemu. tapi alhamdulilah sekarang sudah solved untuk masalahnya. gimana caranya ? oke pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya.

Cara Mengatasi CorelDraw Tidak Bisa Di Save, Export, Dan Print

Masalah ini terjadi karna coreldraw kita bajakan alias hasil cracking. sehingga produk kamu dianggap ilegal, berikut cara untuk mengatasinya.

1. Silahkan Uninstall terlebih dulu aplikasi CorelDraw nya. Caranya langsung aja ke Control Panel > Programs > Program and Fearure > Lalu akan tampil banyak aplikasi terpasang, pilih CorelDraw lalu Uninstall.


2. Setelah di Uninstall. download terlebih dahulu file CorelDraw nya, atau kalau sudah ada tinggal di Ekstrak namun jangan langsung di Install dulu sebelum melakukan tutorial berikut ini.

3. Buka Control Panel atau bisa dengan tekan tombol Windows+X.

4. Pilih menu System and Security hingga muncul menu baru pilih Windows Firewall > Cari menu Advanced Setting (ada di bagian kiri layar) > Pilih Outbound Rules (Juga ada di pojok kiri atas layar) > cari menu New Rules yang ada di pojok kanan atas.

5. Setelah klik New Rules akan muncul menu baru dimana kamu hanya memerlukan klik Next saja > Muncul menu baru disini kamu harus memasukkan sebuah program yang menghubungkan internet ke corel dan kamu harus mencarinya.

6. Selanjutnya, kamu bisa menemukan file nya di Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Corel > CorelDRAW Graphics Suite X6/ X7/ X8 (sesuai versi corel kalian)  > Connect > Klik pada Connect.exe > Open > Klik Next terus (jika menemukan ada menu allow the connection dan block pilih block saja karena kita perlu blokir internet masuk ke aplikasi corel > Klik Next > Next > Isikan nama terserah keinginan kamu > Finish.

7. Disini kamu sudah memblokir akses internet masuk ke CorelDraw, dengan demikian kamu sudah berhasil mengikuti tutorial yang saya berikan agar mengatasi CorelDraw yang tidak bisa di save, export, dan print.

Oke temen-temen sekian tutorial yang saya bagikan, tutorial ini udah 100% teruji yaa.. jika temen-temen berhasil dalam melakukan tutorial ini, silahkan berikan komentar di artikel ini ya supaya admin tahu bahwa tutorial ini sasngat bermanfaat  buat masyarakat. see you dengan tutorial selanjutnya,


Sumber : Mampirlah.com