Memperbaiki masalah laptop keluar tulisan No Bootable device

Teman saya memiliki masalah pada saat membuka laptopnya, keluar tulisan No Boootable device pada laptop dia. Dia menelvon saya untuk membantu mengatasi masalah ini pasalnya di dalam folder laptop terdapat data skripsinya.




kemudian saya berusaha untuk memperbaiki tanpa menghilangkan file skripsi tersebut apalagi file datanya terdapat di local disk c. Kemudian saya browsing untuk mengatasi hal ini dan jeng jeng akhirnya berhasil dan berikut tutorial mengatasi masalah no bootable device pada pc.


Mengatasi masalah eror No Bootable device

Masalah tersebut muncul karena windows tidak bisa menemukan perangkat yang akan diboot. Untuk mengatasi masalah tersebut ikuti langkah sederhana dibawah ini :
  1. Restart laptop dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan.
  2. Silahkan masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2 atau jika tidak berhasil tombol DEL.
  3. Arahkan pada tab MAIN lalu ubah aktifkan pilihan F12 Boot Menu, dengan menekan Enter lalu pilih Enable.
  4. Selanjutnya arahkan pada tab BOOT lalu ganti Boot Mode menjadi Legacy
  5. Tekan F10 untuk menyimpan settingan lalu Enter.
  6. Selesai.

Begitulah cara mudah mengatasi masalah  'No Bootable Device' pada laptop saat dinyalakan, jika masih belum bekerja ada kemungkinan masalah terdapat pada hardwarenya seperti harddisknya yang tidak terbaca karena telah rusak. Jangan lupa tinggakan komentar jika tutorial ini berhasil agar saya senantiasa memberikan tutorial 100% work. Terima kasih dan semoga bermanfaat.