Cara mengatasi komputer tidak muncul di network windows 10

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika mencoba melakukan sharing komputer ke  jaringan di tempat saya kerja. ada salah satu unit laptop yang menggunakan os windows 10 tidak bisa membaca komputer yang sudah disharing di network.



Hanya ada beberapa komputer saja yang terbaca alhasil saya mencoba berbagai cara dari pengaturan sharing option hingga  mengubah credential manager alhasll gagal. Kemudian saya bolak balik ke google untuk memecahkan masalah ini dan ? saya menemukan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah ini, berikut tutorial mengatasi komputer tidak muncul di network windows  10.

Cara mengatasi komputer tidak muncul di network windows 10

  • Pertama silahkan buka CMD atau untuk lebih cepat tekan keyboard windows + r kemudian masukan CMD dan enter
  • jika cmd sudah terbuka silahkan ketik optionalfeatures.exe 
  • Scroll kebawah hingga bertemu dengan SMB 1.0/CIFS File Sharing Support


  • Centang pada SMB 1.0/CIFS Client 
  • Hilangkan centang pada SMB 1.0/CIFS Automatic Removal
  • Hilangkan centang pada SMB 1.0/CIFS Server
Klik oke kemudian silahkan restart PC kamu. Setelah di restart silahkan cek network dan semua komputer sudah nampak. akan tetapi setelah melakukan tutorial ini ada masalah baru, yakni dari beberapa komputer tidak dibisa dibuka folder sharingnya. 



tapi tenang, untuk masalah ini kita akan ke tutorial selanjutnya. Jika tutorial ini berhasil jangan lupa tinggalkan komentar agar admin selalu memberikan tutorial 100% work