Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara kirim pesan email menggunakan Codeigniter 3 dan SMTP Gmail

Untuk mengirim pesan email menggunakan framework Codeigniter 3 bisa menggunakan SMTP Gmail. Fitur ini digunakan untuk berkomunikasi antara user satu dengan yang lainnya maupun antara user dengan sistem aplikasi itu sendiri. 

Cara kirim pesan email menggunakan Codeigniter 3 dan SMTP Gmail

Dengan memanfaatkan SMTP Gmail, sebenarnya kita menggunakan server email milik Google untuk mengirimkan email langsung dari aplikasi yang kita buat sehingga email tersebut lebih cepat sampai ke penerima.

Saya rasa sudah cukup basa basinya, sekarang lanjut ke tutorial mengirim email dengan memanfaatkan SMTP Gmail.

1. Mengaktifkan Less Scure Apps Access

Sebelum kita melanjutkan tutorial mengirim pesan  email menggunakan SMTP Gmail, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan less secure apps pada akun Google kita.

Hal tersebut memiliki tujuan agar aplikasi yang kita buat dapat mengakses server Gmail sehingga dapat mengirimkan email. Jika anda tidak mengaktifkan fitur ini, kirim pesan menggunakan server gmail akan gagal. Berikut langkah-langkahnya:

Cara kirim pesan email menggunakan Codeigniter 3 dan SMTP Gmail

Kamu sudah berhasi menggatifkan fitur Allow Less Scure apps, Jika tidak berhasil menemukan tombol diatas silahkan matikan fitur keamanan 2 factor.

2. Membuat controller kirim email

Untuk tutorial kali ini hanya sebatas dasar mencoba mengirim pesan email menggunakan server smtp gmail dengan controller sederhana, untuk lebih lanjut teman-teman dapat berksperimen sendiri. Berikut langkah-langkah cara kirim pesan email menggunakan smtp gmail & Codeigniter 3.
  • Buat sebuah controller baru disini saya membuat controler bernama Send_email.php.
  • Kemudian copy  kode di bawah ini dan paste ke controller tadi:


  • Sesuaikan konfigurasi kode di atas seperti: smtp_user, smtp_pass, identitas pengirim, email tujuan, subject dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.
  • Simpan controller tersebut.

Untuk menguji apakah kode yang kita buat dapat mengirimkan email atau tidak, silakan buka browser dan panggil controller tersebut. http://localhost/namaproject/index.php/send_email Jika ada pesan "Sukses! email berhasil dikirim.", Silahkan buka email kamu tujuan tadi sesuai dengan yang kita kirimkan, maka kita sudah berhasil mengirimkan email menggunakan SMTP Gmail.

Untuk mengirimkan email dari localhost, pastikan kamu memiliki koneksi internet, tanpa koneksi internet email tidak akan terkirim dan akan muncul error. Selain itu pastikan tidak ada antivirus, firewall atau aplikasi lain yang memblokir port 465.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Cara kirim pesan email menggunakan Codeigniter 3 dan SMTP Gmail"