Fungsi channel pada pengaturan router wifi



 Dalam dunit teknologi jaringan, channel pada pengaturan router wifi sangatlah penting.Channel pada dasarnya berfungsi untuk mengontrol seberapa luas sinyal wifi dalam mentransfer data.mengatur channel sangat penting untuk menentukan performa dari sebuah jaringan wifi. wifi yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz memiliki 11 channel sedangkan wifi yang bekerja pada frekuensi 5,8 Ghz memiliki 45 channel. 


Jika ada banyak access point yang berdekatan dalam satu area dan menggunakan channel yang sama, maka akan terjadi interferensi yaitu gangguan pada sinyal gelombang elektromagnetik yang disebabkan oleh sinyal lainnya. Hal inilah yang mengakibatkan koneksi perangkat ke access point terputus.


pemilihan dan pengaturan channelyang tepat dapat meningkatkan daya jangkau sinyal wifi.alasan ini bukan sekedar karangan belaka,wifi 2,4 Ghz memiliki channel yang beroperasi pada frekuensi terendah 2402 MHz atau 2.402 GHz.selanjtnya frekuensi dari channel di atasnya lebih tinggi dengan selisih tiap channel adalah 5 MHz.


Frekuensi rendah rawan interferensi biasanya banyak orang mengatur channel access point pada channel 1 atau channel rendah dengan tujuan untuk menambah daya jangkau.namun hal tersebut justru membuat wifi tersebut rentan terhadap interferensi karena semakin kuat daaya jangkauannya semakin besar kemungkinan untuk terkena sinyal atau frekuensi yang tidak diharapkan.


Kualitas sinyal adalah segalanya percuma daya jangkauanya jauh tapi kualitasnya rendah.jika inginkan kualitas sinyal yang bagus yang bebas interferensi maka pilihan channel yang besar atau yang frekuensinya tinggi.


Mengatur channel wifi kita pada frekuensi sesuai dengan kebutuhan kita misalnya daya jangkauanya yang diperlukan tidak harus jauh maka aturlah channel pada frekuensi tinggi atau sedang.