Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Lampu Flip Flop 2 Transistor

Lalare IT - pada kesempatan hari ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika membuat rangkaian Lampu Flip Flop ketika duduk di bangku sekolah. Berikut adalah rangkaian dasar lampu flip flop yang hanya menggunakan 2 transistor.

Membuat Lampu Flip Flop 2 Transistor beserta rangkaianya

Kompenen yang anda butuhkan :

  1. Resistor 470 ohm ~ 2 Buah.
  2. Resistor 10k ohm ~ 2 Buah.
  3. Lampu Led ~ 2 Buah.
  4. Electrolyt Capasitor 100uF/16v ~ 2 Buah.
  5. Transistor NPN BC547 ~ 2 Buah.

Jika kamu  akan membuat lampu flipflop sendiri. saya suda menyediakan Layout PCB yang saya buat dengan eagle kamu dapat mendownloadnya di Link bawah ini :


DOWNLOAD

 DOWNLOAD VERSI SCH EAGLE + PDF



Bagaimana Prinsip Kerja Flip Flop ?


Pada saat tegangan diberikan. Kondisi T1 dan T2 masih dalam keadaan off. Kedua kapasitor Akan membantu Mentriger tegangan bias  Transistor yang lain sehingga salah satu kapasitor yang ditrigger oleh kapasitor akan mengalami saturasi. Setelah salah satu transistor mengalami saturasi. Maka Output dari dari kapasitor Diumpan Balikan kembali kebagian basis transistor lainya yang mengakibatkan mentriger kapasitor yang lain. Sedangkan untuk capasitor yang tadi sudah tersi dan mentriger transistor otomatis akan mengalami pengosongan. Jadi antara c1 dan c2 tidak sama. ketika c1 penuh maka c2  kosong begitu juga sebaliknya.


Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Membuat Lampu Flip Flop 2 Transistor"