Struktur Dasar dalam Membuat Template Custom Blogger


Tag untuk membuat sebuah template blogger sebenarnya sama dengan tag yang kalian gunakan pada membuat sebuah website, yaitu menggunakan tag HTML yang terdiri dari tag HTML itu sendiri, HEAD dan BODY. Akan tetapi, ada perbedaan didalam tag dasar untuk membuat template blogger. dimana harus ada tambahan tag b:skin dan b:section, lalu apa itu b:skin dan b:section ? kita akan bahas tag dasar untuk membuat template blogger.

STRUKTUR DASAR BLOGGER

Pada dasarnya struktur tag di dalam sebuah website sebagai berikut :


Untuk mengujinya Coba buka menu tema atau template pada blog kamu kemudian silahkan pilih EDIT HTML dan hapus semua tag yang ada di blog kamu dan pilih simpan. Lihat apakah ada pesan eror ? ya ada pesan eror di dalam blog tersebut, terdapat pesan There should be one and only one skin in the theme, and we found: 0 karna belum ada tag b:skin  didalam template. 

Agar pesan tersebut tidak muncul kembali silahkan tambahkan tag berikut ini tepat di atas tag penutup </head>


<b:skin><![CDATA[
/* css style untuk halaman layout di bawah ini */

]]></b:skin>


Setelah kalian simpan tema dan lihat apakah ada pesan eror ? yaps ada pesan error muncul lagi, kali ini ada pesan We did not find any section in your theme. A theme must have at least one b:section tag. Kita belom menambahkan b:section kedalam blog kita. Mari kita tambahkan tag berikut :


  <b:section id="halo" class="halo"></b:section>

Kemudian simpan dan berhasil. Dari sini tidak ada muncul lagi pesan eror  karna kita sudah menambahkan tag b:skin dan b:section di dalam tag dasar template blogger. jadi untuk keseluruhan tag dasar blogger adalah seperti dibawah ini :

refrensi :
  • Kompi ajaib