Memperbaiki Masalah XAMPP " The Program Can't start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer "

XAMPP merupakan sebuah program untuk menjalankan web server Apache di Komputer. Suatu ketika saya menginstal XAMPP dan menjalankanya. Ternyata web server yang saya jalankan tidak bisa running dikarnakan eror dengan pesan " The Program Can't start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer ".



Kemudian saya mencoba untuk mencari jalan keluar dari masalah ini dan saya menemukan sebuah tutorial di internet. Oleh karna itu saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya Untuk memperbaiki  masalah tersebut dan berikut langkah-langah yang bisa kamu lakukan.

1. Update windows terbaru.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan cara update windows kamu dengan cara Go to Start -> Control Panel -> Windows Update Check for Update. Setelah kamu melakukan update windows silahkakn restart komputer dan jalankan xampp kembali.

2. Download the Visual C++ Redistributable 2015

Jika masalah belum selesai silahkan ikuti langkah kedua dengan mendownload the Visual C++ Redistributable 2015.
  1. Download the Visual C++ Redistributable 2015.
  2. Pilih Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015 (64-bit) atau Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015 (32-bit). Sesuaikan port pada OS kalian masing - masing komputer atau laptop.
  3. Install Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015.
  4. Jika sudah selesai install silahkan restart komputer atau laptop kalian dan jika terjadi update otomatis biarkan sampai selesai.
Untuk link download Visual C++ Redistributable 2015 di bawah ini

Download 32Bit | Download 64Bit

3. Download XAMPP versi lama

Untuk solusi terakhir yaitu ketiga Kamu bisa download xampp versi lama. Silahkan Download XAMPP versi lama pada link di bawah ini.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki masalah pada xampp " The Program Can't start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer ". Jika ada pertanyyan tentang artikel ini silahkan kirimkan pada kolom komentar.