Pengertian blogger dan bahasa XML



Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa itu BLOGGER dan apa itu XML. Mungkin banyak dari kita yang sudah lama bergelut di dunia blogger dan sudah banyak belajar tentang bahasa XML untuk membuat tampilan blogger agar lebih menarik. Akan tetapi banyak dari kita yang memang sudah menyerah karna tidak ada dokumentasi yang baik untuk syntax xml di blogger oleh karna itu kita akan belajar struktur dasar XML blogger. Sebelum kita akan menginjak ke materi utama mari kita berkenallan dulu dengan Blogger dan Bahasa XML lebih dekat.


BLOGGER

Dikutip dari Wikipedia, "Blogger merupakan sebuah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu". Sebelumnya Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs yang kemudian dibeli oleh  raksasa teknologi Google pada tahun 2003. Blog yang dibuat menggunakan layanan ini bisa diakses dari subdomain "blogspot.com". Blog juga dapat disajikan dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun.

BAHASA XML

XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language. XML sendiri ialah bahasa markup yand dibuat oleh konsorsium World Wide Web (W3C). Bahasa ini memiliki fungsi untuk menyederhanakan proses penyimpanan dan pengiriman data antar server. Dalam proses penyimpanan dan pengiriman data antar server sangat perlu disederhanakan, Mengapa demikian ? hal tersebut diakibatkan karena setiap server bisa memiliki sistem yang berbeda,. Sehingga, pertukaran data antarserver yang sistemnya tidak cocok akan memakan banyak waktu. Anda perlu mengubah format data agar cocok dengan server tujuan. Data yang diubah pun berisiko hilang.

    Sebagai solusinya, XML menyimpan data dalam format teks yang sederhana. Sehingga Anda tidak perlu mengubah format data sama sekali. Bahkan format datanya pun akan tetap sama walaupun ditransfer ke server lain. Oleh karena itu, XML juga mudah untuk diperbarui ke operating system baru atau browser baru. Bahasanya pun mudah untuk dibaca manusia, komputer, hingga teknologi pengenal suara. 

Apa Perbedaan XML dengan HTML?

  1. XML didesain untuk menyimpan dan membawa data;
  2. Sedangkan HTML didesain untuk menampilkan data;
  3. Nama tag pada XML bisa diciptakan sendiri, sedangkan HTML sudah baku.

Contoh Penerapan XML
Ada beberapa contoh penerapan XML dalam pemrograman yang pernah saya temukan:
  • XML digunakan untuk membawa data pada API serpti SOAP;
  • XML digunakan untuk membentuk struktur form pada pemrograman desktop seperti delphi, lazarus, vb, gtk, dll;
  • XML digunakan untuk membuat layout aplikasi android;
  • XML bertugas untuk membentuk struktur proyek pada java yang menggunakan Maven;
  • XML digunakan sebagai format file SVG, DOCX, dsb.
  • dan masih banyak lagi contoh penerapan XML.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi utama XML adalah untuk menyimpan dan mengirimkan data. Sedangkan fungsi utama HTML adalah untuk menampilkan data. Selain itu, Anda bisa menggunakan tag apapun di XML. Lain halnya dengan HTML yang membutuhkan tag-tag khusus (predefined tags) untuk menjalankan fungsinya. Untuk melihat perbedaan XML dan HTML secara lebih jelas, mari kita lihat cara keduanya mendeskripsikan konten yang sama.

Pertama-tama, berikut adalah cara HTML menampilkan data:

Seperti yang Anda lihat, HTML menggunakan tag-tag khusus seperti <h1>, <h2>, atau <p> untuk mendefinisikan struktur kontennya. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana datanya akan ditampilkan. Contohnya pada bagian harga dan ongkir, ada tag <b> yang membuat datanya tampil dalam bentuk cetak tebal (bold).

Sekarang, mari kita lihat gambaran isi file XML:


Jadi, Anda bisa melihat isi konten dari tagnya. Contohnya seperti <nama>, <deskripsi>, dan <harga>. Ini juga menunjukkan bahwa Anda bebas menentukan tag apapun. Akan tetapi, tak ada satupun tag yang terkait dengan tampilan konten.
Contoh Struktur XML

Strukturnya cukup sederhana, karena hanya terdiri dari tiga segmen, yaitu:
  • Deklarasi – Bagian ini menunjukkan versi XML yang digunakan.
  • Atribut – Bagian ini berisi keterangan objek. Contohnya seperti nama, judul, jabatan, atau sejenisnya.
  • Elemen – Bagian ini berisi tag yang mendeskripsikan objek. Strukturnya terdiri dari tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup.

Berikut adalah ilustrasi penggunaan ketiganya:



Seperti yang Anda lihat, deklarasinya menunjukkan bahwa versi yang digunakan adalah 1.0. Lalu, atribut yang digunakan dalam data product listing adalah Daftar Produk PT. A. Data di atas terdiri dari beberapa elemen, yaitu nama, deskripsi, harga, dan ongkir. Dan setiap elemen terdiri dari tiga bagian. Contohnya <nama> (tag pembuka), Produk Pertama (isi), dan </nama> (tag penutup).

Refrensi : 
  • wikipedia
  • niagahoster