Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang harus diperhatikan sebelum install ulang Operating System Windows


install ulang
Pada kali ini saya ingin sharing tentang hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan install ulang komputer atau laptop. Kenapa saya membuat tulisan ini ? karna saya sendiri telah melakukan kesalahan yang fatal akibat kesalahan saat install ulang komputer atau laptop.

Hal tersebut mengakibatkan data pada partisi drive D hilang seketika. Sehingga saya harus memanggil teknisi data recovery untuk membantu saya mengembalikan data yang hilang karna install ulang komputer. Berikut ini saya merangkum apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan install ulang komputer.

Hal yang harus diperhatikan sebelum install ulang komputer atau laptop

Sebelum melakukan instalasi ulang operating system windows, berikut ini hal yang harus diperhatikan agar tidak mengalami kesalahan saat menginstall ulang.

1. Backup Data

Data pada komputer atau laptop harus semuanya ter-backup agar tidak menjadi masalah setelah install ulang komputer atau laptop, data yang dimaksudkan disini adalah semua data mulai dari file office, file gambar, musik atau file mulimedia lainnya.

2. Perhatikan media instalasi yang akan digunakan.

Misalnya akan menginstall sistem operasi Windows. Sesuaikan berkas instalasi dengan interface UEFI atau Legacy. Jangan sampai tidak cocok, karena instalasi tidak akan bisa berjalan.

3. Periksa apakah driver laptop mendukung versi sistem operasi

Untuk laptop jadul pada saat menginstall Windows 10, terkadang drivernya tidak akan tersedia. Ini akan menyebabkan sebagian fungsi dari laptop tidak akan bekerja.

4. Laptop jenis terbaru tidak bisa diinstall dengan sistem operasi lawas

Misalnya laptop dengan prosesor Intel Generasi Skylake tidak bisa di install Windows 7

5. Unduh driver sebelum melakukan instalasi. 

Selalu mengunduh dari website resmi vendor laptop agar tidak terjadi masalah dengan laptop. Dan pastikan SEBELUM menginstall laptop. Mengapa? anda tidak ingin kan, begitu selesai menginstall laptop, ternyata anda mendapati perangkat Wifi dan LAN nya belum bekerja karena belum diinstall drivernya. Sedangkan jika ingin mengunduh driver, anda membutuhkan kedua perangkat tersebut bekerja. Nah kalau begini, ribet kan urusannya?

6 - Sesuaikan versi bit Sistem Operasi dengan kapasitas memori laptop. 

Jika anda punya laptop dengan ukuran memori 4 atau 8 GB, namun anda malah menginstall versi sistem operasi 32 bit, bisa dipastikan memori tidak akan berfungsi optimal, karena sistem operasi 32 bit hanya bisa menggunakan 3 GB memori, sedangkan sisa memori yang ada tidak akan terbaca.[3] Sayang kan?

7 - Pasang charger laptop saat melakukan instalasi.

Ini penting, jika ditengah proses instalasi ternyata laptop tiba-tiba padam, maka berkas instalasi bisa rusak atau corrupt. Atau anda harus mengulang instalasi dari awal.

Semoga bermanfaat.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Hal yang harus diperhatikan sebelum install ulang Operating System Windows"