Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengembalikan data file yang keformat akibat convert MBR ke GPT



Ada beberapa cara untuk mengembalikaan data file yang ke format akibat  convert MBR ke GPT dengan tools yang bermacam-macam. Dan hal ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar data tidak hilang. 


Penyebab file hilang karna convert MBR ke GPT mungkin karna minimnya pengetahuan teknisi pemula untuk penenganan masalah convert disk. Tapi kami punya solusi ampuh untuk masalah ini. berikut adalah cara untuk mengembalikan data file yang keformat akibat convert MBR ke GPT.


CARA MENGEMBALIKAN DATA KEFORMAT AKIBAT CONVERT MBR KE GPT

Untuk mengembalikan data ini kita perlu tools easeus. Kamu bisa mendownload  toolsnya di www.easeus.com kemudian lakukan penginstalan ulang seperti biasa.

Ketika pertama kali membuka, kamu akan diminta memilih jenis file ekstensi apa saja yang ingin di-scan, di sini saya pilih semuanya. Jika sudah klik Next.

Selanjutnya pilih drive mana yang ingin kamu scan datanya. Dalam kasus ini saya ingin men-scan drive D, maka saya pilih drive tersebut. Jika sudah dipilih, klik Scan.
 
Proses scanning memakan waktu lama, teragantung dengan besar kapasitas yang ada. Pastikan kondisi power tetap on, dalam artian, jika kamu menggunakan laptop pastikan batre selalu siap.

Jika proses scanning sudah selesai, kamu bisa lihat folder beserta isi file-file yang pernah ada pada drive tersebut. Bahkan terkadang file-file lawas pun ikut terangkat. Jadi, tidak heran ketika kamu ceklist semua data yang ditemukan, size nya bisa melebihi kapasitas drive yang digunakan.

Nah, jika demikian, kamu jangan buru-buru mengambil semua data yang berhasil ditemukan tersebut, karena bisa jadi sebagian besar data yang ditemukan itu merupakan file-file lama yang tidak penting lagi. Solusinya, kamu pilih satu per satu mana file dan folder yang masih bermanfaat, sehingga bisa menghemat space drive.

Dalam contoh ini, saya memilih mengamankan folder FD terlebih dahulu. Jadi, cara menyimpan kembali datanya cukup ceklist folder FD, kemudian klik kanan pilih recover.

Nanti kamu diminta memilih folder tempat kamu ingin menyimpan data tersebut. Catatan, jangan letakan data tersebut di drive yang sama (dalam hal ini saya tidak menyimpannya di drive D, karena drive tersebut yang sedang mengalami kasus). Setelah memilih lokasinya, klik Save.

Tunggu prosesnya…

Begitu pun untuk file dan folder lainnya. Untuk mengamankannya, lakukan dengan cara yang sama. Jika kapasitas yang dimiliki drive lain kurang untuk menampung data yang baru ditemukan ini, kamu bisa gunakan penyimpanan lain untuk sementara mem-backup data.

Gambar di atas merupakan penampakan drive D yang baru saja saya kembalikan datanya. Setelah saya periksa satu persatu, ternyata ada beberapa file yang menjadi rusak atau tidak sempurna. Yah, anggap saja hal tersebut merupakan resikonya. Semoga bermanfaat yaa
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Mengembalikan data file yang keformat akibat convert MBR ke GPT"