Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Git #3 - Konfigurasi Awal Memulai Git

Sebelum memulai untuk menggunakan git, kita harus melakukan konfigurasi awal pada git. Pada konfigurasi awal ini kita akan memasukan username dan email yang akan kita gunakan pada git.

Usahakan username dan email yang kita gunakan pada git sama dengan username dan email pada akun github atau gitlab kita. Fungsinya agar kita tidak mengalami masalah ketika akan melakukan git remote pada github.

Berikut cara konfigurasi awal untuk menjalankan git.

Identitas Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika menginstalkan Git adalah mengatur username dan alamat e-mail anda. Hal ini penting karena setiap commit pada Git akan menggunakan informasi ini, dan informasi ini akan selamanya disimpan dengan commit yang anda buat tersebut:


$ git config --global user.name "John Doe"
$ git config --global user.email johndoe@example.com


Silahkan ganti username dan email sesuai dengan akun kamu

Kamu hanya perlu melakukan ini sekali saja jika anda menggunakan opsi --global, karena Git akan selalu menggunakan informasi tersebut selama anda berada pada sistem yang sama. 

Text Editor Anda

Sekarang identitas anda telah siap, berikutnya anda dapat memilih text editor default yang akan digunakan manakala Git membutuhkan anda untuk menulis sebuah pesan. 

Secara default, Git akan menggunakan default editor sesuai dengan sistem operasi, biasanya adalah Vi atau Vim pada sistem Unix. Jika anda ingin menggunakan text editor yang lainnya, seperti VS Code, Sublime, atau atom anda dapat melakukan perintah seperti berikut:

$ git config --global core.editor  atom


Karna saya menggunakan atom sebagai text editor saya, silahkan ganti atom dengan text editor yang akan anda gunakan

Setelah melakukan konfigurasi awal, kita akan Mengecek Settingan Anda

Jika anda ingin mengecek settingan anda, anda dapat menggunakan peritah berikut untuk menampilkan semua settingan yang digunakan Git:

git config --list




Untuk perintah core.editor bersifat opsional. Akan tetapi untuk user dan email bersifat wajib.

Sekian artikel tentang konfigurasi awal pada git. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini silahkan kirimkan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Belajar Git #3 - Konfigurasi Awal Memulai Git"