Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Git #4 - Membuat Repositori Dengan Git

Oke untuk tutorial belajar git yang ke 4 ini, kita akan belajar membuat sebuah repositori untuk memasukan file kita ke dalam git agar nanti git dapat membaca perubahan yang akan kita lakukan pada file kita.


Oke untuk awal membuat sebuah repositrori buatlah fiolder bernama belajar git di direktori pc kamu. kemudian setelah dibuat silahkan masuk ke folder belajar git tersebut.


Jika sudah buatlah sebuah file dengan text editor kamu dengan extensi terserah. Pada tutorial ini saya membuat file kosong dengan nama index.html kemudian simpan di folder belajari git.

Kemudian silahkan buka git bash kamu dengan cara klik kanan pada folder tersebut dan pilih git bash here.


Kemudian masukan perintah


git init 

Git akan membuat sebuah subdirektori baru bernama .git yang akan berisi semua berkas penting dari repositori Anda, yaitu kerangka repositori dari Git. Pada titik ini, belum ada apapun dari proyek Anda yang dipantau.

oke setelah itu silahkan ketik perintah git status pada git bash kamu. file index tadi otomatis masioh belum dalam posisi staged. dan belum ditrack oleh git. apa itu staged ? oke kita akan berkenalan dengan kondisi dalam git.


Tiga Kelompok Kondisi File dalam Git

Sebelum kita membuat revisi, kita akan berkenalan dulu dengan tiga kondisi file dalam Git.

1. Modified

Modified adalah kondisi dimana revisi atau perubahan sudah dilakukan, tetapi belum ditandai dan belum disimpan di version control. Contohnya pada gambar di atas, ada tiga file HTML yang dalam kondisi modified.

2. Staged

Staged adalah kondisi dimana revisi sudah ditandai, tetapi belum disimpan di version control. Untuk mengubah kondisi file dari modified ke staged gunakan perintah git add nama_file. Contoh:

git add index.html

3. Commited

Commited adalah kondisi dimana revisi sudah disimpan di version control. perintah untuk mengubah kondisi file dari staged ke commited adalah git commit.

Membuat Revisi pertama

Baiklah, sekarang kita akan sudah tahu kondisi-kondisi file dalam Git. Selanjutnya, silahkan ubah kondisi file HTML tadi menjadi staged dengan perintah git add.

Jika kita hanya memiliki 1 file kita bisa menggunakan perintah

git add index.html

atau kita bisa menggunakan perintah berikut untuk menambahkan seluruh file yang ada di folder
gita add .

Setelah melakukan perintah diatas otomatis file kita akan dalam posisi staged. Untuk melihatnya silahkan kirim perintah

git status

file kita sudah dalam posisi staged. Setelah itu, ubah kondisi file tersebut ke commited agar semua perubahan disimpan oleh Git.

git commit -m "Commit pertama"


Otomatis file kita telah ter commit. Dengan demikian, revisi kita sudah disipan oleh Git. Mungkin anda belum tahu maksud dari argumen -m, argumen tersebut untuk menambahkan pesan setiap menyimpan revisi.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Belajar Git #4 - Membuat Repositori Dengan Git"