Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara setting thermostat pada kulkas

Bagaimana dasar untuk setting thermostat kulkas ? Kita ketahui bersama sebagai teknisi pendingin bahwasanya di dalam kulkas terdapat sebuah sensor yang bernama thermostat. Thermostat pada kulkas sendiri merupakan sebuah alat untuk mengontrol suhu udara di dalam ruang kulkas. 

Kenapa kita harus menyeting theromostat ? hal itu dilakukan agar Suhu pada kulkas dapat diatur untuk menentukan seberapa dingin suhu yang kita inginkan. Pengaturan ini dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan tiga cara yaitu sebagai berikut :

Cara setting thermostat


Diatas adalah gambar dari thermostat pada kulkas. Terdapat 2 baut pengatur di thermostat yaitu baut different dan baut range. Biasanya kita mengatur suhu dengan knop akan tetapi sebelum kita mengatur suhu menggunakan knop kita harus pahami dulu dasar setting pada thermostat. lalu apa fungsi dari kedua baut tersebut ? Kita akan bahas secara lengkap pada artikel berikut

1. Setting Baut Range

Baut setelan suhu adalah baut yang disebut baut Range, baut ini berfungsi untuk menambah kedinginan pada ruang freezer. Bila thermostat sudah memutus arus ke mesin compressor padahal suhu belum terlalu dingin, maka kita harus melakukan setting pada baut different. Bagaimana caranya ?

Jika suhu kulkas dirasa kurang dingin, berikut cara untuk setting different kulkas
  1. Putar baut range thermostat kearah berlawanan jarum jam ( setengah putaran ), bila masih belum sesuai lakukan langkah yang kedua.
  2. Putar baut range berlawanan jarum jam ( setengah putaran ), bila belum tercapai suhu yang ditentukan silahkan lakukan langkah ketiga sampai suhu sesuai.

Lalu bagaimana jika kulkas terlalu dingin hingga menimbulkan bunga es ? berikut caranya
  1. Putar baut range thermostat ( setengah putaran ) kearah jarum jam, bila masih belum mau memutus arus ke mesin compressor, silahkan lakukan langkah yang ke dua.
  2. Silahkan putar ulang baut range thermostat sebanyak setengah putaran, ulangi kembali dengan memutar setengah putaran bila arus listrik dari thermostat ke mesin compressor belum mau memutus.

2. Setting Baut Differnt

Baut setelan jeda waktu berfungsi untuk menunda mesin compressor terlalu cepat atau terlalu lama hidup kembali, bisa anda lakukan dengan cara seperti pada baut range yaitu dengan 
  • memutar setengah putaran kearah berlawanan jarum jam jika dirasa kompresor kurang lama berhentinya.
  • dan sebaliknya jika kompresor kelamaan berhentinya bisa searah dengan jarum jam. 
  • Jika dirasa kurang silahkan tambah setengah putaran hingga dirasa cocok
Waktu jeda mesin compressor untuk hidup paling cepat sekitar 10 menit, hal ini berfungsi agar tekanan pada gas refrigrant setabil / seimbang.

Perbedaan antara cut in dengan cut out ini adalah waktu tunggu antara kompresor bekerja dengan waktu kompresor berhenti sehingga dengan mengatur differensial akan menyebabkan perubahan waktu tunggu kompresor. Waktu tunggu ini digunakan sebagai waktu istirahat bagi kompresor untuk mendinginkan suhu kompresor. Pengaturan waktu tunggu ini jangan terlalu singkat karena menunggu tekanan antara sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah menjadi seimbang. Jika tekanan belum seimbang dan kompresor sudah bekerja kembali dapat menyebabkan kompresor tidak bisa start (berputar).



Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Cara setting thermostat pada kulkas"