Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Git #1 - Pengenalan dasar dengan git dan kenapa sangat penting bagi programmer ?

Git merupakan sebuah software yang akan kita gunakan ketika kita bekerja membuat sebuah web secara berkelompok. Dikutip dari wikipedia Git adalah sebuah softaware atau perangkat lunak yang berfungi sebagai proyek manajemen versi kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang pada awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux.


Desain Git terinspirasi oleh BitKeeper dan Monotone. Git pada awalnya hanya dirancang sebagai mesin tingkat rendah yang dapat digunakan oleh tampilan muka (front end) lain seperti Cogito atau StGIT. Namun selanjutnya proyek inti Git telah berkembang menjadi pengontrol revisi lengkap yang dapat digunakan langsung.

Dalam penggunaanya git digunakan untuk sistem pengontrol versi (Version Control System) pada proyek perangkat lunak yang bertugas mencatat setiap perubahan pada file proyek yang dikerjakan oleh banyak orang maupun sendiri.

Git dikenal juga dengan distributed revision control (VCS terdistribusi), artinya penyimpanan database Git tidak hanya berada dalam satu tempat saja. Semua orang yang terlibat dalam pengkodean proyek akan menyimpan database Git, sehingga akan memudahkan dalam mengelola proyek baik online maupun offline.

Apa fungsi git ? Apa yang akan dilakukan git ?

Jika dilihat dari penjelasan diatas sudah pasti git dipakai untuk mengatur menajemen versi dari tiap-tiap perubahan yang akan dilakukan. Dalam artian ini, git akan memantau setiap perubahan yang teman-teman lakukan pada kode teman-teman. 

Berikut penggambaran jika kita tanpa menggunakan git untuk memanajemen versi dari kode kita. Saat kita ingin menyimpan semua perubahan pada file, biasanya kita membuat file baru dengan “save as”. Lalu, file akan menumpuk dalam direktori proyek seperti pada ilustrasi di bawah ini.

Kerja Tanpa Git

Bayangkan berapa banyak copy dari file yang telah dirubah oleh kita. akan tetapi jika kita menggunakan git, kita hanya butuh 1 file saja dan git  telah menyimpan revisi kita di database mereka

Kerja Menggunakan Git

Git hanya akan menyimpan delta perubahannya saja, dia tidak akan menyimpan seluruh isi file yang akan memakan banyak memori. Selain itu, Git memungkinkan kita kembali ke versi revisi yang kita inginkan.


Git sangat penting untuk programmer

Git sangat penting untuk programmer karna git akan membantu kita untuk mengontrol tiap versi dari source code kita. selain untuk mengontrol versi, git juga digunakan untuk kolaborasi dengan tim.

Saat ini Git menjadi salah satu tool terpopuler yang digunakan pada pengembangan software open souce maupun closed source. Google, Microsoft, Facebook dan berbagai perusahaan raksasa lainnya menggunakan Git.

Selain itu, berikut ini ada beberapa menfaat yang akan kamu rasakan setelah bisa menggunakan Git.

  1. Bisa menyimpan seluruh versi source code;
  2. Bisa paham cara kolaborasi dalam proyek;
  3. Bisa ikut berkontribusi ke poryek open-source;
  4. Lebih aman digunakan untuk kolaborasi, karena kita bisa tahu apa yang diubah dan siapa yang mengubahnya.
  5. Bisa memahami cara deploy aplikasi modern;
  6. Bisa membuat blog dengan SSG.
  7. dan sebagainya…

Refrensi :
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Belajar Git #1 - Pengenalan dasar dengan git dan kenapa sangat penting bagi programmer ?"