Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyalakan lampu led arduino dengan python

 Pada tulisan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya ketika belajar bermain arduino dengan serial. saya mencoba mengirimkan sebuah data ke dalam serial arduino menggunakan bahasa python untuk menghidupkan sebuah lampu.


Menghidupkan lampu led arduino dengan python

Untuk menghidupkan sebuah lampu pada board arduino menggunakan python, kita butuh mempersiapkan library pyserial.  penasaran kan ? tapi sebelum langsung ke tutorialnya pastikan anda sudah paham betul tentang arduino dan bahasa python. karna pada dasarnya tutorial ini ditujukan untuk level intermediate. Berikut caranya

Library Pyserial

Library pyserial, merupakan sebuah library pada Python yang dikhususkan untuk meng-handle komunikasi serial (serial communication). Karena nanti kita akan menggunakan serial komunikasi maka sebaiknya kita meng-install  library ini untuk mempermudah dalam penulisan source code di Python nanti. Library ini mempunyai syarat yang bisa dilihat di website dokumentasi pyserial :

  • Python 2.7 or Python 3.4 and newer
  • If running on Windows: Windows 7 or newer
  • If running on Jython: “Java Communications” (JavaComm) or compatible extension for Java

untuk melakukan proses instalisasi cukup gunakan PyPI (atau yang biasa kita kenal dengan command pip), dengan command :

pip install pyserial atau bisa menggunakan perintah python -m pip install pyserial

Jika anda menggunakan Python 3 Bisa menggunakan perintah berikut
pip3 install pyserial atau bisa juga menggunakan perintah python3 -m pip3 instal pyserial

Jika sudah berikut ini adalah contoh program sederhana menghidupkan lampu arduino menggunakan python. Silahkan  buka arduino IDE kamu dan compile sketch arduino berikut ini.

Code di Arduino 



Silahkan atur pin pada board arduino, pada tutorial ini saya menggunakan pin digital 13. Kemudian silahkan buat sebuah file baru dengan format python dan berikut contoh program pada python


Jika sudah silahkan simpan dan jalankan kode python kamu. Untuk menghidupkan lampu silahkan ketik on dan mematikan lampu dengan off dan menu dc untuk disconected python dengan arduino. jika teman-teman memiliki kesulitan atau masalah dengan tutorial ini. silahkan kirimkan pertanyaan di kolom komentar dibawah ini.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Menyalakan lampu led arduino dengan python"