Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modifikasi boster taffware agar lebih peka menangkap sinyal tv digital

Modifikasi boster taffware agar lebih peka menangkap sinyal tv digital

Tutorial kali ini kita akan memodifikasi boster tv digital taffware  agar lebih peka untuk menangkap sinyal tv digital. Sebenarnya untuk memodifikasinya sangat mudah dan tidak perlu mengganti komponen apapun di dalam boster.

Biasanya boster taffware akan ditaruh di dalam ruangan tepatnya di dekat set top box kita. Kenapa harus ditaruh didalam ruangan ? bosster ini membutuhkan sebuah daya sebesar 5V agar dapat hidup. 

Biasanya para pengguna boster ini memanfaatkan port usb di stb mereka atau juga bisa menggunakan adaptor charger hape bekas. lalu bagaimana cara agar boster ini lebih peka untuk menangkap sinyal tv digital ??

Modifikasi Boster Taffware

Agar sinyal yang ditangkap boster taffware maksimal, kita harus menaruh bosster taffware di dekat antena. 

Dalam artian boster ini harus ditaruh paling tidak 1/2 meter setelah kabel antena. semakin pendek kabel dari antena semakin bagus karna nilai hambat pada kabel mempengaruhi boster ini dalam menangkap sinyal.

Untuk memodifikasi boster taffware menjadi boster outdor sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkah saya untuk memodifikasi bosster ini menjadi boster outdor dan super peka untuk menerima sinyal.

  • Siapkan dioda 1 ampere dan capasitor 470 Mikro 16v
  • Buka boster taffware dari tempatnya
  • Lepas semua kabel pada boster dengan solder ternasuk kabel power usb
  • Kemudian ganti kabel bawaan boster dengan kabel coaxial antena. 
  • jika  aslinya ada 2 kabel pada boster, dengan memodifikasi boster ini kita hanya perlu 1 kabel untuk antena dan power. Kabel usb power pada boster tidak digunakan lagi karna kita akan menggunakan daya Set Top Box untuk power boster melalui coaxial.
  • Kemudian Solder kabel coaxial antena pada input boster
  • Pada kabel positif coaxial (Yang berwarna kuning) kita akan beri dioda dan capasitor untuk daya dari STB ke Boster seperti gambar dibawah ini
    Modifikasi boster taffware agar lebih peka menangkap sinyal tv digital

  • Jangan sampai terbalik kaki antara anoda dan catoda 
  • Kemudian pasang boster didekat antena dan beri pelindung agar tidak terkena hujan

Sebelum menghidupkan STB pastikan dulu driven antena tidak shot. Dalam artian ini kamu bisa melepas ballun pada driven antena atau biasanya resistor pada antena rakitan. Hal tersebut bertujuan agar STB tidak mendeteksi Shot pada rangkaian antena kita pada saat daya dionkan.


Kemudian silahkan coba untuk setting ulang di STB kamu. Hidupkan daya antena pada STB dan coba lihat pada boster. Jika lampu indikator hidup berarti kamu sudah berhasil memodifikasi antena. Jika gagal coba cek pada kaki anoda dan katoda dioda.

Hasil Pengujian Modifikasi Boster Taffware

Berikut ini adalah hasil dari saya memodifikasi bosster taffware. Lokasi saya berada di Banyuwangi, Jawa timur menggunakan antena rakitan PVC dan Tutup Kipas.

Jara antara pemancar dengan rumah saya -+ 30 KM, dan inila hasil dari saya memodifikasi boster taffware, sebelumnya untuk Metro TV hanya 0% dan cekot cekot.
Modifikasi boster taffware agar lebih peka menangkap sinyal tv digital
Modifikasi boster taffware agar lebih peka menangkap sinyal tv digital

Berikut adalah penampakan bosster taffware yang sudah saya modif memakai antena rakitan dari pipa PVC dan tutup kipas angin



Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Modifikasi boster taffware agar lebih peka menangkap sinyal tv digital"