Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian tentang jaringan LAN, WAN, MAN

Didalam sebuah jaringan internet terdapat beberapa jenis jaringan yaitu LAN, WAN dan MAN. Internet adalah singkatan dari interconnection-networking. Internet merupakan sebuah jaringan pertukaran global - termasuk jaringan swasta, publik, bisnis, akademik, dan pemerintah - yang terhubung dengan teknologi terpandu, nirkabel, dan serat optik.

Pengertian tentang jaringan LAN, WAN, MAN

Oleh karna itu, untuk menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan lain terdapat 3 jenis jaringan internet yaitu LAN,WAN dan MAN. Apa perbedaan dari jaringan tersebut ? berikut ini saya akan jelaskan perbedaan dari ketiga jenis jaringan tersebut.

1. Jaringan LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk mencakup wilayah kecil atau lokal. Jaringan ini bisanya digunakan untuk membangun sebuah internet pada gedung sekolah, kantor, rumah, kampus atau jaringan yang lebih kecil. dalam artian jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di area LAN saja.

gambar LAN

Pada sebuah LAN, setiap komputer atau node memiliki daya komputasi sendiri. Selain itu Setiap komputer juga bisa mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti pencetak. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

LAN dapat menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana. Seperti hanya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

Keuntungan menggunakan Jaringan LAN

Jaringan LAN memiliki keuntungan, seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit  penggunaan kabel. Dan keuntungan lainnya yang kalian dapat adalah koneksi transfer data antar node dan komputer bekerja dengan cepat. Selain itu, menggunakan jaringan LAN rasanya kita juga tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan LAN.

Kerugian menggunakan Jaringan LAN

Tentu saja dengan memilih menggunakan jaringan yang satu ini ada beberapa kekurangannya, seperti cakupan wilayah koneksi yang terbatas, sehingga hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari jaringan LAN

2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan yang dibuat dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

gambar jaringan MAN

Mengapa jenis jaringan ini dikatakan bisa mencakup area yang lebih luas? Jawabannya adalah karena MAN sendiri biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Namun sayang, untuk membuat suatu jaringan MAN, biasanya memerlukan operator telekomunikasi yang bertugas sebagai penghubung antar jaringan komputer.

Keuntungan menggunakan Jaringan MAN

Keuntungan menggunakan jaringan MAN adalah Jaringan ini dapat mencakup wilayah atau area yang lebih luas sehingga untuk berkomunikasi dengan internet menjadi lebih efisien. Jaringan MAN akan mempermudah kita dalam halnya berbisnis. Bahkan, keamanan berkomunikasi menggunakan jaringan ini juga menjadi lebih terjaga.

Kerugian menggunakan Jaringan MAN

Meskipun bertelekomunikasi dengan jaringan ini bisa dibilang cukup aman, namun ternyata jaringan MAN mudah dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi. Bahkan, untuk memperbaiki jaringan MAN ini juga memerlukan waktu yang cukup lama.

3. Jaringan menggunakan Jaringan WAN

Jaringan WAN merupakan sebuah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

jaringan WAN

Untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara, jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.

Keuntungan menggunakan Jaringan WAN

Selain lebih canggih daripada LAN ataupun MAN, jaringan WAN ini tentunya memiliki cakupan wilayah jaringan yang sangat luas. Adapun teknologi yang lebih canggih sudah tentu ditanamkan di mekanisme ini. Otomatis hal tersebut juga membuat jaringan WAN dapat terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman. Karena cakupannya bisa membentang antar benua, maka hal ini juga mempengaruhi kemudahan dalam urusan berbisnis.

Kerugian menggunakan Jaringan WAN

Teknologi yang lebih canggih, cakupan yang lebih luas, serta keamanan yang lebih terjaga pastinya membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Karena hal itu, biaya adalah hal utama yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah jaringan WAN.

Itulah pengertian tentang jaringan LAN, WAN dan MAN. Jika teman-teman memiliki pertanyaan tentang artikel ini silahkan kirimkan pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Sumber :

Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Pengertian tentang jaringan LAN, WAN, MAN"