Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali penyebab kenapa AC anda tidak dingin

Kenali penyebab kenapa AC anda tidak dingin

AC dirumah anda tidak dingin ? atau mungkin ac di ruangan kantor anda tidak dingin ? padahal settingan suhu sudah berada paling bawah. oleh karna itu kita akan membahas secara detail apa saja penyebab ac anda tidak dingin dan solusi untuk mengatasi ac anda tidak dingin.
Di era sekarang, banyak sekali rumah bahkan kantor yang menggunakan AC sebagai pendingin di dalam ruangan. Hal tersebut dikarenakan Tidak semua rumah ataupun kantor ruanganya didesain dengan udara bisa mengalir dengan baik. oleh sebab itu diperlukan adanya sebuah pendingin udara untuk mendinginkan isi dari ruangan tersebut. 

Menggunakan pendingin ruangan dengan AC tentu bisa membuat penghuni yang ada di dalam ruangan menjadi nyaman. apalagi ketika terik dan panas matahari pada siang hari masuk ke dalam. Akan tetapi, Tidak selamanya AC yang digunakan bisa berfungsi secara normal, terkadang Anda akan menemukan dimana AC tidak dingin.

Pastinya hal tersebut membuat anda tidak nyaman lagi di dalam ruangan.  Lalu, apa yang bida kita lakukan jika AC yang kita gunakan tidak dingin, padahal sudah sering dirawat ? Seharusnya kita serahkan urusan mesin AC kita ke ahlinya. Pasalnya, untuk membetulkan ac dibutuhkan keahlian dan alat khusus. Oleh karna itu, sebelum kita memanggil teknisi yuk cari tau apa yang menjadi penyebab AC kita tidak dingin.

Penyebab AC tidak dingin

Tidak dapat dipungkuri bahwa Air conditioner (AC) merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga yang penting sekali buat kantor atau rumah untuk mendinginkan ruangan. Apalagi kita yang hidup  berada di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini sangat membutuhkan ac ketika musim panas. 

Akan tetapi dalam pemakaian ac kerap kali terjadi berbagai masalah yang menyebabkan mesin AC tidak dapat berfungsi optimal. Bahkan tidak jarang, AC yang kita miliki tidak dingin sama sekali dan hanya keluar angin saja. Dalam kasus ini kerusakannya bisa disebabkan oleh beberapa hal.Berikut beberapa faktor penyebab AC tidak dingin yang perlu kamu ketahui.



1. Freon AC Habis atau Kurang

Kenali penyebab kenapa AC anda tidak dingin
Pertama, penyebab AC tidak dingin sama sekali dan hanya keluar angin bisa disebabkan karena gas pendingin atau freon habis atau kurang. Freon yang kurang atau habis biasanya dikarenakan ada kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya. Gas Freon AC sendiri mengandung zat klorin, hidrogen, dan broming yang dapat membuat mesin AC menjadi dingin. Akan tetapi, jika gas freon dalam ac berkurang dari tekanan standar disarankan memanggil teknisi untuk mengisi kembali gas freon sesuai tekanan dan spesifikasi jenis freon dan ac.

2. Bersihkan Filter

Penyebab selanjutnya AC tidak dingin biasanya dikarenakan  filter di dalam indoor ac yang tidak rutin dibersihkan sehingga kotor. Filter AC indoor sendiri berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC pada saat dihidupkan. Kamu bisa membersihkan sendiri filter indoor minimal seminggu sekali dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama buka tutup filter indoor ac di bagian atas, kemudian ambil filter udara tersebut.
  • Cuci menggunakan air mengalir hingga bersih menggunakan sabun detergen.
  • Jika sudah selesai mencucinya, keringkan dan kemudian pasang kembali filter.
Untuk perawatan cleaning filter indoor minimal 3 bulan sekali untuk di rumah dan 2 bulan sekali untuk area perkantoran. Dan jangan lupa pastikan kamu menutup barang-barang di sekitar AC seperti kasur dengan  plastik atau koran agar barang tersebut enggak kotor.

3. Ampere Kompresor Melebihi Batas Normal

Untuk mengecek ampere ac kamu bisa menggunakan clamp meter (tang ampere) dengan cara :
  • Buka tutup terminal pada outdoor ac
  • Kemudian Silakan jepitkan tang ampere ke salah satu kabel ( – ) dan kabel ( + ) 
  • Setlah itu jangan lupa posisikan saklar clamp meter pada posisi A
  • Jika ampere melebihi batas berarti kamu bisa cek kapasitor atau unit kompresor mesin
Jika kapasitor diukur dengan alat tester baik-baik saja, berarti ampere kompresor yang melebihi batas normal bisa disebabkan karna kompresor lemah.  Solusinya sudah waktunya ganti AC yang baru.

4. Kondensor AC Sudah Kotor

AC tidak dingin juga bisa disebabkan oleh kerusakan atau kotor pada kondensor. Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu.
Tentunya kita perlu membersihkan kondensor secara rutin agar AC dingin kembali. Untuk membersihkanya kita panggil teknisi saja karna harus disemprot dengan air bertekanan tinggi.

5. Pengaturan Remote AC

 AC memliki beberapa sistem pengaturan yang bisa Anda pilih. Apabila kita salah dalam mengatur opsi pada unit AC melalui remote tersebut, maka udara yang dikeluarkan menjadi tidak dingin. Periksa dan bacalah baik-baik buku manual dari AC yang Anda beli untuk mengetahui setiap fungsi dari pengaturan dan fitur yang terdapat di unit AC tersebut. Untuk mengatasi ac tidak dingin karna remote ac, pastikan mode yang dipakai dalam tanda bintang atau cool agar AC dingin. Jangan pada mode Dry, karena ini hanya untuk menyalakan motor FAN saja dan unit Outdoor tidak mendapat kiriman arus listrik.

6. Komponen Pada PCB Rusak

Printed Circuit Board (PCB) adalah komponen yang memberikan arus listrik untuk menyalakan kompresor AC. Jadi, jika papan PCB rusak hal ini bisa menyebabkan AC tidak dingin hanya keluar angin. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan service PCB atau menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab kenapa ac anda dirumah atau kantor tidak dingin. Jika anda tidak memiliki pengetahuan dan alat khusus diharapkan untuk memanggil teknisi terdekat untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih serius. Nanda Teknik siap membantu anda untuk menangani segala macam permasalah ac. Hubungi nanda teknik via whatsapp di +6282331201148
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Kenali penyebab kenapa AC anda tidak dingin"