Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi printer operation failed with error 0x00011b

Solusi printer operation failed with error 0x00011b

Mengalami masalah printer operation failed with error 0x00011b pada printer sharing ? hal sama juga terjadi pada saya. Sebelumnya permasalahan ini tidak tampak, akan tetapi setelah saya mengupdate pembaruan windows yang baru, permasalahan ini akan muncul dengan kode error 0x00011b
Untuk penyebabnya sendiri ada berbagai faktor mulai dari masalah sistem windows, masalah driver, masalah registry dan masih banyak lagi faktor penyebabnya. oleh karna itu kita akan bahas cara mengatasi error tersebut pada artikel ini dan pastinya sudah saya buktikan.


printer operation failed with error 0x00011b

Untuk keberhasilan artikel ini tergantung pada jenis kerusakan system apa yang terjadi pada perangkat pc anda. Oleh karna itu saya akan sajikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan printer operation failed with error 0x00011b

1. Lakukan Restart Pada System Service Spooler Printer

  • Bukan run dengan cara tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan perintah Services.msc , kemudian tekan tombol Enter
  • ketika tampilan system services sudah muncul silahkan melanjutkan dengan mencari Print Spooler
  • Setelah itu klik Kanan pada print spooler kemudian pilih Properties
  • Selanjutnya ubat set pada Startup type menjadi : Automatic
  • Klik Tombol Stop dibawah nya dan klik Ok
  • Jika sudah di setting jangan lupa untuk Restart PC Anda

2. Uninstall Windows Update

Apabila cara pertama tidak berhasil maka kita bisa menguninstall windows update KB5005565 pada komputer dimana printer tersebut terinstall. Bagaimana cara uninstall windows update ? berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama Buka Control Panel, kemudian klik Programs and Features, dan pilih View Installed Update,
  • Selanjutnya cari versi update windows KB5005565 seperti pada gambar dibawah.
    Solusi printer operation failed with error 0x00011b

  • Untuk menghapusnya klik kanan dan pilih Uninstall, untuk proses uninstall sendiri berlangsung cukup lama. Berdasarkan pengalaman saya, menghapus versi update ini memakan waktu sekitar 30 Menit
  • Setelah selesai menghapus silahkan Restart komputer
  • Setelah windows update KB5005565 berhasil diuninstall, kemudian restart komputer dan cobalah untuk print lagi ke printer sharing.

Apabila tidak menemukan windows update KB5005565, cobalah untuk menghapus atau uninstall windows update yang lain diantaranya KB5005573 dan KB890830.


3. Edit Registri Windows

Pada forum microsoft banyak para pengguna melaporkan adanya bug pada pembaruan windows update KB5005565.  Pembaruan ini sendiri bertujuan untuk menambal kerentanan (vulnerabilities) Print Spooler dan untuk tujuan ini, update tersebut akan meng-enable setingan RpcAuthnLevelPrivacyEnabled pada registri windows.

Dikutip forum microsoft, pembaruan ini dapat menyebabkan printer sharing tersebut tidak dapat diakses dengan pesan Printer Error 0x0000011b. Hal tersebut dikarkankan salah satu komputer (print server atau klien) tidak sesuai dengan RPC_C_AUTHN_LEVEL_PKT_PRIVACY.

Oleh karna itu, menonaktifkan setingan RpcAuthnLevelPrivacyEnabled di registri windows merupakan cara tercepat untuk mengatasi Printer Error 0x0000011b dalam kasus ini. Cara ini sudah saya lakukan beberapa kali dan sejauh ini berhasil dengan baik, berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  • Tekan Windows + R dan ketik regedit kemudian enter
  • Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Print
  • Kemudian klik kanan, pilih new dan tambahkan DWORD value baru dengan nama RpcAuthnLevelPrivacyEnabled dengan value data = 0. seperti gambar dibawah.
    Solusi printer operation failed with error 0x00011b

  • Setelah selesai menambahkan key tersebut, tutup jendela registri editor. Selanjutnya buka lagi jendela Services dan restart lagi service Print Spooler.
  • Setelah service service Print Spooler berhasil direstart, maka cobalah untuk melakukan print dokumen lagi.

Seharusnya sekarang komputer kita sudah bisa melakukan print ke printer sharing dengan normal. itulah solusi mengatasi printer operation failed with error 0x00011b. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan kirim di kolom komentar.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Solusi printer operation failed with error 0x00011b"