Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merubah motor listrik 3 phase menjadi 1 phase


Apakah bisa merubah motor 3 phase menjadi 1 phase ? pada artikel ini kita akan membahas tentang cara merubah motor 3 phase menjadi 1phase.

Seperti yang kita ketahui, motor yang berjalan di tegangan 3 phase memerlukan tegangan sebesar 380V sedangkan untuk listrik rumahan hanya sebesar 220V. Lalu apakah bisa kita menjalankan motor 3 phase dengan listrik rumahan 1 phase ? Bisa tapi tidak semua bisa.

Mendengar jawaban saya pasti anda akan heran bisa tapi tidak semua bisa maksudnya gimana ? oleh karna itu berikut penjelasan cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase.

Merubah motor listrik 3 Phase ke 1 Phase

Untuk merubah motor listrik 3 phase ke 1 phase sangat tidak dianjurkan. Karna torsi yang dihasilkan dari motor akan berbeda jauh dan mungkin saja ampere motor akan naik. tetapi untuk kondisi darurat kita bisa merubahnya ke 1phase. Akan tetapi tidak semua motor dapat diubah ke 1phase.

Ada persyaratan yang harus diperhatikan, motor yang akan dirubah ke 1 phase harus seperti name plate dibawah ini dimana hubung delta menggunakan tegangan 220V.


Hal tersebut harus sangat diperhatikan karna listrik dirumah hanya memiliki tegangan sebesar 220V saja. jadi untuk merubah ke 1 phase kita harus merubah koneksi motor ke hubung delta. Kemudian kita juga harus mempersiapkan sebuah kapasitor.

Merubah koneksi star ke delta

Dalam pengkabelan motor 3 phase kita mengenal hubung star dan hubung delta. Berikut ini adalah gambaran hubung star dan delta pada motor.


Lalu bagaimana cara untuk merubah koneksi hubung star ke delta ? Berikut adalah cara untuk merubah hubung star ke delta.
  • Buka plat yang terhubung secara star
    Koneksi Star

  • Kemudian rubah menjadi delta seperti dibawah ini
    Koneksi Delta

  • Untuk koneksi pada motor 3phase ke 1phase  kita memerlukan kapasitor seperti dibawah ini
    Wiring 3P to 1P

Itulah cara merubah motor listrk 3 phase menjadi 1 phase. Untuk aman atau tidaknya yang jelas untuk kemanan motor kurang SOP. Jika anda ingin motor anda lebih aman ketika mengkoneksi ke 1phase anda memerlukan sebuah inverter yang dapat merubah motor 3 phase menjadi 1 phase dan harganyapun lebih mahal.

Oleh karna itu, informasi ini dimaksudkan untuk pengetahuan dan bukan menjadi standard dalam koneksi motor 3p menjadi 1p. dan dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak saja bukan permanen. Sekian artikel ini, silahkan kirim kritik, saran maupun pertanyaan anda pada kolom komentar.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Merubah motor listrik 3 phase menjadi 1 phase"