Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara install winbox pada operating system linux mint

Bagaimana cara untuk menginstall winbox pada  operating system linux mint ? pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sepenggal kisah cara saya untuk install winbox pada linux mint. Saya mencoba bermigrasi dari pengguna windows ke linux karna pekerjaan saya seorang developer, oleh karna itu saya mengganti os saya menggunakan linux.

Adapun beberapa keunggulan dan kelemahan penggunaan linux yang akan saya bahas pada artikel lain, jadi untuk artikel kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara instal winbox pada operating system linux mint.


Winbox sendiri adalah sebuah aplikasi berbasis GUI (Graphic User Interface) yang digunakan para teknisi jaringan untuk setting mikrotik. Jadi dengan aplikasi ini kita tidak perlu repot mengetik baris per baris untuk mengatur jaringan. untuk operating windows cukup dengan mendownload pada halaman resmi saja. Akan tetapi untuk operating system linux mint sangatlah berbeda. Penasaran bagaimana caranya ? kita akan kupas tuntas pada artikel kali ini.

Cara install winbox pada linux mint

Ada beberapa cara untuk install winbox pada linux mint, bisa langsung download pada halaman resmi Mikrotik, dan ada juga cara menggunakan terminal pada linux kita. Lalu kita akan pilih yang mana ? untuk pilih yang mana semua saya serahkan kepada pengguna. Dan berikut ini cara install winbox pada linux mint.

Sebelum melakukan installasi winbox pada linux mint, kita akan menginstal terlebih dahulu wine pada linux mint dengan cara buka terminal atau tekan CTRL + ALT + T dan ketikan perintah berikut pada terminal kemudian enter.
  • sudo apt install wine
  • Selanjutnya masukan password linux mint kamu dan enter.
  • jika ada konfirmasi untuk continue silahkan ketik y dan enter jika tidak abaikan langkah ini

Jika proses download wine selesai kita akan ke langkah selanjutnya yaitu untuk melakukan instalasi winbox pada linux mint dengan cara sebagai berikut :
  • Silahkan download winbox disini
  • Jika sudah download winbox ekstrak file tadi
  • Masuk ke folder yang sudah di ekstrak tadi kemudian buka terminal
  • Kemudian ketik perintah berikut
  • sudo ./winbox-setup install
  • tekan enter dan ketik perintah berikutnya
  • sudo bash winbox-setup install

Dan selesai. winbox kamu sudah berhasil dipasang pada operating system linux mint kamu. Jika ada yang mengalami kendala pada proses instalasi bisa kirim pesan pada kolom komentar. Terimakasih dan semoga artikel yang saya buat bermanfaat.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Cara install winbox pada operating system linux mint"