Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat dan menampilkan rating bintang blog pada hasil pencarian google

Berikut ini adalah artikel tentang cara membuat dan menampilkan rating bintang artikel blog pada hasil pencarian google. apa fungsi dan keunggulan dari rating bintang tersebut jika kita memasang pada blog kita ? pada kesempatan ini kita akan bahas secara detail kenapa blog kamu harus pakai rating bintang dan bagaimana cara memsangnya.



Cara menampilkan rating bintang pada hasil pencarian google

Sebenarnya jika kita cari di google sudah banyak tutorial bagaimana cara untuk membuat rating bintang di artikel blogspot, akan tetapi kebanyakan tutorial yang saya kunjungi adalah artikel lama dan sudah usang, sehingga caranyapun sudah tidak valid lagi pada Structured Data Testing Tool (Alat Pengujian Data Terstruktur) atau Rich Results Test (Pengujian Hasil Kaya).

Oleh sebab itu, saya nanda krisbianto akan mencoba untuk membahasnya pada artikel ini yang nantinya dapat digunakan sobat blogger untuk menambah SEO Optimasi pada blog sobat. Sebelum kita lanjut ke tutorial selanjutnya, kita akan bahas apa sih manfaatnya rating bintang pada blog kita ?

Manfaat menampilkan rating bintang 

manfaat menampilkan  rating bintang rich snippet google akan sangat berpengaruh pada performa postingan / artikel blog pada hasil pencarian google. Akan tetapi cara ini tidak langsung berpengaruh secara  instan, namun  sobat blogger akan merasakan  manfaatnya di kemudian hari.

Salah satunya adalah dapat meningkatkan tarffic organik google maupun mesin pencari lainnya, selain itu juga dapat meningkatkan skor SEO.  Lalu selain itu apalagi ? berikut mimin rangkum pada kesempatan kali ini :
  1. Meningkatkan skor SEO (Search Engine Optimasi) blog.
  2. Menarik minat pengunjung untuk click artikel kita pada hasil pencarian google.
  3. Meningkatkan pengunjung organik, baik dari search engine google, yahoo, bing maupun yang lainnya.
  4. Meningkatkan rangking artikel menjadi teratas blog di hasil pencarian google.
  5. Meningkatkan pendapatan, baik Google AdSense ataupun penyedia iklan lainya
  6. Dan masih banyak manfaatnya yang bisa anda rasakan nanti.

Lalu bagaimana cara memasang rating bintang pada artikel blog kita ? berikut adalah langkah-langkah yang bisa sobat lakukan untuk memasang rating bintang di artikel blog..

Cara memasang rating bintang di blog

  1. Pada dashboard blog silahkan pilih temak
  2. Kemudian edit html
  3. Cari kode </head>
  4. Masukan script dibawah ini.
  5. Dan simpan.

Untuk kodenya silahkan rubah terlebih dahulu ya sebelum memasangnya. berikut penjelasan dari kode diatas.
  • "name blog" ganti dengan nama blog anda. 
  • "ratting value" untuk mengatur rating terbaik, maksimal rating 5 .
  • "ratingCount" untuk mengatur jumlah rating. 

Itulah cara untuk membuat dan menampilkan rating bintang blog pada hasil pencarian google. Perlu anda ketahui, meskipun anda sudah berhasil memasang script rich snippet dari schema.org tersebut, skor bintang tidak akan langsung muncul begitu saja di bawah judul postingan blog anda saat di lihat pada mesin pencarian google. Anda harus menunggu sekitar 1 minggu atau bahkan bisa lebih sampai 1 bulan, tergantung seberapa cepat google merayapi ulang artikel anda. Kemudian, jika ingin mempercepat proses perayapan (crawl) ulang, anda bisa melakukan inspeksi ulang artikel anda di Google Search Console.
Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Cara membuat dan menampilkan rating bintang blog pada hasil pencarian google"