Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop mati sendiri ? berikut ini cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri



Pada saat enak menggunakan laptop termyata laptop kita mati sendiri. Pasti hal itu akan sangat menyebalkan, apalagi jika file data yang kita kerjakan tidak sempat terecovery atau terbackup oleh sistem.

Pada kasus ini, banyak hal yang mengakibatkan laptop mengalami mati sendiri. Akan tetapi hal yang sering terjadi dikarnakan processor pada laptop mengalami overheat atau kepanasan. lalu bagaimana saja cara mengalami laptop yang mati sendiri ? berikut ini blog nanda akan membahas secara rinci langkah-langkah mengatasinya.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Ada beberapa penyebab laptop mati sendiri dan kamu harus bisa mengidentifikasi dimana letak kerusakan laptop kamu. Berikut ini apa saja penyebab laptop mati sendiri antara lain :
  • Kendala pada baterai
  • Regulator daya listrik masalah
  • Komponen Hardware Kepanasan
  • Kesalahan Software atau Driver
  • Infeksi Virus Atau Malware
  • Dll

Lalu langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini ? berikut ini cara untuk mengatasi masalah penyebab laptop mati sendiri.

Laptop mati karna overheat

Hal yang paling banyak diakibatkan karna laptop mengalami overheat. Overheat sendiri umumnya dikarnakan pasta pada processor yang udah kering atau penggunaan laptop yang tidak tepat.

Untuk menggunakan laptop harusnya ditempat seperti meja kaca, keramik dan tempat yang sekiranya sirkulasi udara bisa keluar secara baik. jangan gunakan laptop diatas kasur, kain atau bahan lain yang dapat menyerap panas.

untuk mengatasi laptop mati karna overheat bisa melakukan langkah-langkah berikut :
  • Buka semua cassing laptop
  • Kemudia bersihkan semua debu yang menempel terutama pada fan pendingin processor
  • Buka pendingin processor liat apakah pasta pendingin kering
  • Jika kering bersihkan pasta yang kering menggunakan kain bersih hingga hilang semua
  • Kemudian tambahkan pasta baru
  • Dan pasang kembali cassing kemudian hidupkan kembali laptop

Untuk melakukan penggantian pasta, bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi jika tidak memiliki pengalaman untuk buka laptop mending bawa laptop ke tempat servis terdekat menghindari permasalahan laptop yang lebih serius.

Kegagalan perangkat keras

Penyebab laptop mati sendiri yang umum lainnya adalah kegagalan perangkat keras. Mungkin kegagalan komponen perangkat keras jarang terdengar terutama pada laptop yang telah diperbarui.

Terkadang pemasangan perangkat keras baru dapat menyebabkan laptop mati sendiri karena perangkat yang tak kompatibel. Bisa juga pada kasus lain, kegagalan perangkat keras dapat disebabkan oleh perangkat yang sudah usang dan perlu diganti.

Ketika masalah ini terjadi, Anda tidak dapat menyelesaikan masalah ini sendiri. Jika Anda yakin bahwa semua bagian laptop Anda berfungsi baik, tetapi laptopnya mati secara tiba-tiba, Anda harus pergi dan minta laptop Anda diperiksa oleh pusat layanan yang ahli dalam bidangnya. Hal ini untuk mengetahui letak kerusakan hardware secara tepat.

Pastikan pusat layanan memiliki keahlian yang cukup untuk memeriksa dan memperbaiki laptop Anda. Karena, sebagian besar orang tidak cukup memiliki keahlian memperbaiki perangkat keras laptop. Perangkat keras yang biasa diperiksa pertama adalah seperti RAM, CPU, motherboard, power supply dan video card.

Sistem Operasi Bermasalah

Masalah laptop mati hidup berulang-ulang juga bisa terjadi karena sistem operasi bermasalah. Biasanya hal ini terjadi karena ada file system yang corrupt atau rusak. Selain itu, file system juga bisa saja terhapus karena ulah virus.

Solusi laptop tidak panas tapi mati sendiri karena ada masalah di sistem operasi tentu dengan melakukan install ulang sistem operasi Anda. Pastikan Anda sudah melakukan back up data sebelum melakukan install ulang, khususnya di drive dimana Anda akan menginstall sistem operasi yang baru.

Kejadian laptop tiba-tiba mati sendiri dapat menimpa laptop merk apa saja, baik itu ASUS, Acer, HP, Dell, Lenovo, Samsung, Toshiba, dll. Demikianlah ulasan tentang penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasinya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat. Jika masalah pada laptop terus berlanjut, segera hubungi teknisi laptop terkemuka di kota Anda.

Masalah Baterai

Penyebab laptop mati sendiri yang berikutnya adalah masalah baterai. Masalah baterai adalah alasan utama lainnya penyebab laptop mati sendiri.

Masalah ini biasanya terjadi setelah penggunaan laptop yang lama, atau pengisian daya yang berlebihan. Jika Anda seorang gamer, mungkin gim yang di-instal pada laptop Anda juga merupakan penyebab dari kerusakan baterai.

Bisa disebabkan oleh banyak gim yang membutuhkan pengisi daya dengan voltase lebih tinggi, dengan voltase pilihan dari 100w hingga 240w. Namun sebagian dari pemilik laptop tidak akan menyadari hal ini dan sebagai gantinya menggunakan pengisi daya dengan voltase 90 watt atau kurang.

Jika laptop tiba-tiba mati sendiri, hal yang dapat Anda lakukan adlaah dengan menguji baterai Anda apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak, maka Anda benar-benar perlu membeli baterai baru.

Pastikan baterai memiliki ampere yang sama dengan yang dibutuhkan laptop, jika tidak, laptop Anda mungkin bermasalah lagi saat digunakan.

Nanda Krisbianto
Nanda Krisbianto Industri & Software Engineer, Penulis, Pebisnis muda.

Post a Comment for "Laptop mati sendiri ? berikut ini cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri"